Pengembangan multimedia interaktif IPS tema indahnya negeriku pada siswa kelas IV sekolah dasar / Naning Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif IPS tema indahnya negeriku pada siswa kelas IV sekolah dasar / Naning Fatmawati

Fatmawati, Naning (2015) Pengembangan multimedia interaktif IPS tema indahnya negeriku pada siswa kelas IV sekolah dasar / Naning Fatmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatmawati Naning. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif IPS TemaIndahnyaNegerikuPadaSiswaKelas IV SekolahDasar Tesis Prodi PendidikanDasar Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. Kata Kunci Multimedia Interaktif IPS Assure Model. Berbagaifasilitasteknologisepertikomputer laptop LCD menjadibagian yang cukuppentingdalamkegiatanpembelajaran.Sekolahsebagailembagapendidikandituntutuntukdapatmenyesuaikandenganperkembanganteknologi yang sedangterjadi.Pembelajaran IPS terutama di SekolahDasarditekankanpadapembelajaran yang berfikirtentangseperangkatperistiwa fakta konsep dangeneralisasi yang berkaitandenganisu-isusosial sehinggasedapatmungkin proses danaktifitas yang membuatsiswamengertiakanmateri yang dipelajari sehingga guru dalammenentukan proses pembelajaranselalumengacupada proses kegiatansertamempersiapkanaktifitassiswasehingga proses pembelajarandapatdipahamiolehsiswadengansebaik-baiknya. Inidilakukandengan model ASSURE yang memiliki 6 langkahpengembanganyaitu (1) Analyze (menganalisiskarakterpesertadidik). (2) State (menetapkantujuanpembelajaran). (3) Select (memilihmetode mediadanbahan ajar). (4) Use (menggunakanbahan ajar). (5) Requires (melibatkanpesertadidik). (6) Evaluate (mengevaluasidanmerevisi). Untukmengetahuikelayakanproduk yang dikembangkanmakadilakukanvalidasi multimedia danujicoba.Validasidilakukanolehahli media ahlimateridanpraktisi.Data yang dikumpulkanberupa data kuantitatifdankualitatifmelalui instrument angket.Data yang diperolehdianalisisdenganteknisanalisis rata-rata.Datakuantitatifmelaluiangketceklistsesuaikriteriavaliditas.Dan data kualitatifdiperolehmelaluikolomkomentardan saran. Multimedia yang dikembangkanmemilikikarakteristikantaralain (1) Terdapatanimasi video audio gambardanteksdalamsatukesatuan yang dapatmemperjelaskonsep (2) Bersifatinteraktif (3) Terdapatkuis di akhirpembelajaransebagaipemantabansetelahmenggunakan multimedia pembelajaran. Hasilvalidasi rata-rata media danmateriberturut-turut 93 7% dan 87% sedangkanhasil rata-rata ujicobalapangansebesar 87%. Berdasarkanhasilvalidasidanujicobalapanganmenunjukkan multimedia yang dikembangkantelahmemenuhikriteria valid danlayakdigunakandalampembelajaran. Dalampenggunaan multimedia ini guru dansiswadiharapkanmembacapetunjukpenggunaantelebihdahuludandalampembelajaran di kelas guru haruslebihaktifsehinggamateribisatersampaikandenganbaik.Bagisiswajugadiharapkanuntukmempelajarimateripadatema IndahnyaNegeriku denganbaikdansungguh-sungguh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62833

Actions (login required)

View Item View Item