Fatmawati, Ari (2015) Pengembangan bahan ajar tematik berbasis inkuiri kelas IV sekolah dasar / Ari Fatmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fatmawati Ari. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Inkuiri Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Agr. Mohamad Amin M.Si. (2) . Dr. Munzil M.Si. Kata Kunci bahan ajar tematik inkuiri Ketercapaian tujuan pembelajaran tidak lepas dari bahan ajar berkualitas. Dalam Kurikulum 2013 pembelajaran di sekolah dasar dilaksanakan dengan pendekatan tematik. Dalam pelaksanaannya dibutuhkan bahan ajar tematik yang yang melibatkan seluruh kemampuan siswa untuk berfikir ilmiah (saintifik). Analisis yang dilakukan terhadap buku siswa kelas IV menunjukkan bahwa buku tersebut telah menggunakan pendekatan saintifik namun terdapat sejumlah kelemahan secara teoretis maupun praktis. Sehingga diperlukan bahan ajar yang memuat serangkaian tahapan (langkah pembelajaran) yang membuat siswa menemukan konsep untuk menggiring mereka berpikir tingkat tinggi. Strategi yang memuat serangkaian tahapan tersebut adalah strategi inkuiri. Oleh karena itu perlu dikembangkan bahan ajar tematik berbasis inkuiri. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar tematik berbasis inkuiri pada kelas IV tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup dan melihat keefektifan bahan ajar untuk meningkatkan hasil belajar. Model Penelitian dan Pengembangan 4D dari Thiagarajan dkk (1974) digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan bahan ajar. Model pengembangan tersebut terdiri dari 4 tahap yang meliputi (1) Define (2) Design (3) Develop dan (4) Disseminate. Karena keterbatasan waktu dan biaya sehingga tidak memungkinkan dilakukan tahap dessiminate. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa buku siswa dan buku guru. Keseluruhan tahapan validasi menunjukkan bahan ajar memperoleh kriteria layak dengan rincian persentase rata-rata buku siswa 89% untuk ahli materi/isi 97% untuk desain bahan ajar 94% untuk bahasa dan 93% dari ahli praktisi. Rata-rata persentase buku guru adalah 90% untuk ahli materi/isi 97% untuk desain bahan ajar 94% untuk bahasa dan 92% dari ahli praktisi. Perolehan rata-rata dari keempat ahli tersebut baik buku siswa maupun buku guru adalah 93 25% dan dikategorikan sangat valid. Rata-rata persentase keterbacaan adalah 94 6%. Analisis data hasil belajar menunjukkan peningkatan dengan rincian rata-rata pertemuan pertama 60 67 dan pertemuan kedua 79 50. Kesimpulan dari hasil analisis tersebut bahan ajar tematik berbasis inkuiri dapat diterapkan guru dan siswa sebagai sumber belajar alternatif dan secara praktis dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar serta efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62829 |
Actions (login required)
View Item |