Penerapan model pembelajaran fan n pick dan two stay two stray untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa / Muhammad Mushfi El Iq Bali - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran fan n pick dan two stay two stray untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa / Muhammad Mushfi El Iq Bali

Bali, Muhammad Mushfi El Iq (2015) Penerapan model pembelajaran fan n pick dan two stay two stray untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS siswa / Muhammad Mushfi El Iq Bali. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bali Muhammad MushfiEl Iq. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Fan N Pick dan Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M.Ed M.Si (II) Dr. I Made Suardana S.Pd M.Pd Kata Kunci Penerapan Model Pembelajaran Fan N Pick Two Stay Two Stray Akselerasi perkembanganilmupengetahuandanteknologimemberikandampakpositif atau negatif terhadapperilakumanusia salahsatunya di bidangpendidikan. Banyaknya penyimpangan sosial yang terjadi di masyarakat terutama kalangan siswa menjadi bukti akan kurangnya penanaman keterampilan sosial sehingga berdampak pula pada menurunnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Fan N Pickdan Two Stay Two Stray. Penerapan model pembelajaran kooperatif Fan N Pickkolaborasi Two Stay Two Stray dipandang sesuai untuk mengatasi permasalahan tersebut. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mergosono I Malang. Dalam penelitian kolaboratif ini peneliti bertindak sebagai pengamat pengumpul data penganalisa dan pelaporan perancang tindakan dan guru sebagai pelaksana tindakan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV A semester genap tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 40 siswa terdiri atas 23 siswa laki-laki (1 siswa ABK) dan 17 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas guru dan siswa tes akhir siklus dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajarankooperatifFan N PickdanTwo Stay Two Straypadakelas IV A di SDN Mergosono I Malang dapat disimpulkan bahwa (1) keterlaksanaanpembelajaran oleh guru pada siklus I sebesar 73% menjadi 94% padasiklus II mengalamipeningkatansebanyak 21%. Sedangkanketerlaksanaanpembelajaran olehsiswa mencapai70%padasiklus I mengalamipeningkatansebesar 15% sehinggapadasiklus II diperoleh 85% (2) keterampilansosialsiswameningkat hasilobservasimenunjukkanangkaketercapaianklasikalmencapai 67% padasiklus I dan 92% padasiklus II perolehantersebutmengalamipeningkatansebesar 25% dikategorikankriteriasangatbaikdanpembelajarandinyatakanberhasil (3) hasilbelajar IPS juga mengalami peningkatan. Hasiltesakhirmenunjukkanangkaketuntasanklasikalmencapai 69% padasiklus I meningkatmenjadi 95% padasiklus II perolehantersebutmengalamipeningkatansebesar 26% dikategorikankriteriasangatbaikdanpembelajarandinyatakanberhasil. Saran yang diajukan peneliti yaitu (1) model pembelajarankooperatifFan N PickdanTwo Stay Two Straydapatdijadikansebagaisalahsatualternatifbagi guru dalamkegiatanpembelajaranuntukmeningkatkanketerampilansosialdanhasilbelajar IPS siswa (2) penerapan model pembelajarankooperatifFan N PickdanTwo Stay Two Straydapatdikombinasikanataudikolaborasikandengan model-model pembelajarankooperatiflainnya yang bersifatpermainandandisertaipemberianpenghargaansehinggapembelajaranlebihmenyenangkandanmenarikbagisiswa (3) dalam proses pembelajaran hendaknya guru menjelaskansecaraterperincisintaks model pembelajarankooperatifFan N Pickmelaluiilustrasi di depansiswasehinggasiswatidakkebingunganpadawaktumelakukanpermainankartusoal (4)untukmeminimalisirkeributanantarsiswaketikapenerapan model pembelajarankooperatifTwo Stay Two Stray hendaknyapembentukankelompok pengaturantempatduduk danpenentuantugasanggotakelompokditentukanoleh guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62821

Actions (login required)

View Item View Item