Pengembangan bahan ajar IPA berbasis lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan keterampilan kerja ilmiah siswa kelas 5 semester 1 SDN Girimoyo 03 / Farida Nur Kumala - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar IPA berbasis lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan keterampilan kerja ilmiah siswa kelas 5 semester 1 SDN Girimoyo 03 / Farida Nur Kumala

Kumala, Farida Nur (2013) Pengembangan bahan ajar IPA berbasis lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan keterampilan kerja ilmiah siswa kelas 5 semester 1 SDN Girimoyo 03 / Farida Nur Kumala. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kumala Farida Nur. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Kerja Ilmiah Siswa Kelas V Semester 1 SDN Girimoyo 03. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Malang. Pembimbing 1). Prof Dr.agr. Moh. Amin. S.Pd MSi 2). Dr. Lia Yuliati M.Pd Kata kunci bahan ajar berbasis lingkungan kemampuan berpikir kerja ilmiah 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 IPA terdiri dari aspek produk dan proses. Pembelajaran IPA di SDN Girimoyo 03 sebagian besar terbatas pada aspek produk. Hal ini disebabkan bahan ajar yang digunakan berisi rangkuman materi dan latihan soal. Karakteristik bahan ajar seperti ini menyebabkan kegiatan pembelajaran bersifat hafalan akibatnya kemampuan berpikir dan keterampilan kerja ilmiah siswa tidak terbiasa digunakan. Solusi mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan bahan ajar berbasis lingkungan. Bahan ajar berbasis lingkungan dapat melatihkan kemampuan berpikir karena siswa dapat menghubungkan antara materi yang dipelajari dengan keadaan lingkungan sekitar siswa selain itu bahan ajar berbasis lingkungan mengarahkan siswa untuk melaksanakan aspek kerja ilmiah terhadap bahan-bahan yang ada di sekitar siswa. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian adalah (1) mengembangkan bahan ajar IPA kelas 5 semester 1 berbasis lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan kerja ilmiah siswa (2) menganalisis kelayakan bahan ajar hasil pengembangan sehingga bahan ajar tersebut layak digunakan oleh guru dan siswa di sekolah (3) menguji efektifitas bahan ajar terhadap kemampuan berpikir dan kerja ilmiah siswa SD Kelas V di SDN Girimoyo 03. 12288 12288 12288 12288 Tahap pengembangan menggunakan model 4D dengan prosedur penelitian meliputi tahap Define Design Develop dan Disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop. Validator ahli bahan ajar terdiri dari dua orang dosen Universitas Negeri Malang dan satu orang guru IPA. Validator keterbacaan terdiri dari delapan orang siswa. Hasil validasi pengembangan bahan ajar terdiri dari hasil validasi materi penyajian dan bahasa. Uji keefektifan bahan ajar menggunakan rancangan pretest-postest non equivalent control group design. Variabel bebas adalah penggunaan bahan ajar berbasis lingkungan. Variabel terikat adalah kemampuan berpikir dan kerja ilmiah. Sampel penelitian berasal dari siswa kelas 5 SDN Girimoyo 02 dan 03 sebanyak 62 siswa. Kemampuan berpikir diukur menggunakan tes esai sedangkan kerja ilmiah diukur melalui observasi. Analisis data menggunakan uji t sebelum menggunakan uji t dilakukan uji asumsi normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levene s. Hasil pada tahap define diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan berupa rangkuman dan latihan soal kemampuan kognitif awal diketahui siswa 30% mendapat nilai diatas 80 konsep pada materi IPA kelas 5 semester 1 dijadikan suatu peta konsep sehingga dapat dirumuskan suatu tujuan pembelajaran selama satu semseter. Pada tahap design dihasilkan tes yang disajikan pada akhir bab dalam bahan ajar format yang digunakan adalah strategi pembelajaran berbasis masalah lingkungan dengan setting kooperatif. Hasil pada tahap develop menunjukkan penilaian oleh ahli materi sebesar 87 5% yang berarti valid. Hasil penilaian validator tampilan sebesar 91 6 % menyatakan valid dan hasil penilaian validator bahasa sebesar 95 8% yang berarti valid sedangkan hasil uji keterbacaan oleh siswa juga diperoleh hasil yang valid artinya siswa tidak mengalami kesulitan dalam membaca bahan ajar. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahan ajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan kerja ilmiah. Saran produk pengembangan masih perlu disempurnakan sebelum disebarkan lebih luas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62608

Actions (login required)

View Item View Item