Akbar, M. Taufik (2017) Pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe course review horay terhadap motivasi dan hasil belajar geografi peserta didik SMA / M. Taufik Aklbar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Akbar M. Taufik. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Course Review Horay terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi. Program Pascasarjana universitas Negeri malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata Kunci Course Review Horay Motivasi Belajar Hasil Belajar Meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik merupakan beberapa permasalahan yang dihadapi pengajar di kelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pengajar dituntut untuk bisa memberikan pengajaran yang efektif menyenangkan dan mudah dipahami oleh peserta didik. Pengajar dapat menerapkan model-model pembelajaran yang ada untuk memudahkan dalam pembelajaran di kelas. Salah satu model yang dapat digunakan pengajar adalah Cooperative learning tipe course review horay. Model ini dalam pembelajarannya bersifat menyenangkan dan dapat membuat peserta didik bekerjasama dengan anggota kelompoknya sehingga dapat menarik minat mereka untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Geografi SMA. Selain itu penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Geografi. Subyek penelitian yang diambil adalah peserta didik kelas XI IIS SMA Negeri 6 Banjarmasin Tahun Ajaran 2016-2017. Desain eksperimen yang digunakan Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah berupa tes soal pilihan ganda untuk hasil belajar dan angket motivasi untuk mengukur motivasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan uji-t . Berdasarkan analisis data dihasilkan perbandingan hasil belajar posttest antara kelompok kontrol dan eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 3 974 dengan nilai signifikansi sebesar 0 000. Nilai signifikansinya lebih kecil dari taraf nyata 5% maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar posttest antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Perbandingan motivasi belajar posttest antara kelompok kontrol dan eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 2 565 dengan nilai signifikansi sebesar 0 013. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Selain itu analisis regresi diperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0 480 artinya terdapat hubungan yang cukup kuat antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0 230 yang berarti hasil belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar sebesar 23% sedangkan sisanya yaitu 77% dipengaruhi oleh faktor lain selain Motivasi Belajar. Model pembelajaran Cooperative Learning tipe Course Review Horay dapat digunakan oleh pengajar di kelas untuk membantu dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik SMA. Motivasi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Semakin tinggi motivasi peserta didik dalam belajar maka semakin baik nilai yang didapat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62405 |
Actions (login required)
View Item |