Pengembangan lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam / Rachman Evendy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam / Rachman Evendy

Evendy, Rachman (2017) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam / Rachman Evendy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Evendy Rachman. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual pada Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M. Pd (II) Drs. I Komang Astina M. S Ph. D Kata Kunci Lembar Kerja Siswa Pembelajaran Kontekstual Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam Lembar kerja siswa atau biasa disebut LKS merupakan salah satu bahan ajar yang sering digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Pada kenyataannya LKS yang ada di lapangan materinya masih bersifat umum dan latihan soalnya masih mengandalkan materi yang ada dalam LKS sebagai jawabannya. Materi kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam yang terdapat dalam pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA/MA sangat cocok jika dikemas dalam pembelajaran kontekstual. Mengembangkan LKS berbasis kontekstual merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman siswa pada lingkungan sekitarnya. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar LKS yang kontekstual dengan lingkungan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah research and development dan menggunakan metode pengembangan dari Borg Gall yang disederhanakan menjadi tujuh tahapan. Subjek uji cobanya terdiri dari dua kelas yaitu kelompok kecil 12 siswa kelas XI IPS 2 dan kelompok besar 35 siswa kelas XI IPS 3 di MAN Kota Blitar. Instrumen penilaian yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada validator ahli materi bahasa guru mata pelajaran dan siswa. Hasil angket digunakan untuk menghitung kriteria interpretasi skor kelayakan LKS dengan menggunakan skala likert. Analisis datanya menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pengembangan LKS berbasis kontekstual layak digunakan dalam pembelajaran geografi pada materi kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam. Kelayakan LKS dapat dilihat dari hasil penilaian dari angket. Validator ahli materi memberikan penilaian (92 39%) validator bahasa (75 00%) dan guru mata pelajaran geografi (88 75%). Hasil uji coba kelompok kecil (83 75%) dan kelompok besar (83 54). Hasil belajar siswa mengerjakan LKS pada tugas kelompok (90 31) dan tugas individu (83 45). Mengacu pada hasil penilaian tersebut dapat dikatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak dan mampu dipahami oleh siswa. Saran pemanfaatan guru harus memahami materi jika dikemas dalam pembelajaran kontekstual. Saran untuk desiminasi bisa dilakukan dengan mengikuti seminar nasional dan MGMP. Bagi peneliti lanjutan yaitu pengembangan LKS berbasis kontekstual dengan mengkombinasikan metode model media belajar materi lain dan hasil belajar yang diharapkan akan memudahkan siswa dan membuat siswa tidak bosan dalam belajar. ABSTRACT Evendy Rachman. 2017. Developing Student Worksheet Based on Contextual for Wisdom in the Utilization of Natural Resources Material. Thesis Education of Geografi Post-Graduate Universitas Negeri Malang. Advisor (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (II) Drs. I Komang Astina M. S Ph. D. Key Words Developing Student worksheet Contextual Teaching and Learning Wisdom in the Utilization of Natural Resources. The student worksheet is one of the teaching materials that is often used in school learning. In fact student worksheets the kids who are in the field the content in the repository is still in general and exercise problem resides still rely on existing material in student worksheets as the answer. Material wisdom in the utilization of natural resources that was found in geography lessons of Social Major of XI grade of Senior High School fits perfectly if packed in their experiences are contextual. Develop worksheets students contextual based is one way to improve understanding students on the surrounding environment . This development research aims to produce teaching materials Student Worksheet contextual with student learning environment. This type of research is researc development and uses the simplified method of development from Borg Gall to seven stages. The test subjects consist of two classes small group of 12 students of class XI IPS 2 and large group of 35 students of class XI IPS 3 in MAN Blitar City. Assessment instruments used are questionnaires given to expert material language subject teachers and student validators. The questionnaire results are used to calculate the interpretation criteria of the feasibility score of the student worksheet by using likert scale. Data analysis uses descriptive qualitative data analysis and descriptive statistics. Based on the results of the research can be seen that the development of contextual based Student Worksheet is appropriate to be used in the learning of geography on the material of wisdom in the utilization of natural resources. Eligibility Student Worksheet can be seen from the assessment results of the questionnaire. Expert material validator provides assessment (92.39%) language validator (75.00%) and geography teacher (88.75%). Results of small group trials (83.75%) and large groups (83.54). Student learning outcomes work on Student Worksheets on group assignments (90 31) and individual assignments (83 45). Referring to the results of the assessment can be said that the Student Worksheet developed feasible and able to be understood by the students. Suggestion of utilization teachers should understand the material if packed in contextual learning. Suggestions for dissemination can be done by attending a national seminar and MGMP (teacher council). For further research the development of contextual based Student Worksheet by combining methods models learning media other materials and learning outcomes that hopefully will facilitate students and make students not bored in learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62399

Actions (login required)

View Item View Item