Pengaruh model pembelajaran ikuiri bebas terhadap kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran geografi siswa SMAN di Kabupaten Probolinggo / Roby Firmandil Diharjo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran ikuiri bebas terhadap kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran geografi siswa SMAN di Kabupaten Probolinggo / Roby Firmandil Diharjo

Diharjo, Roby Firmandil (2017) Pengaruh model pembelajaran ikuiri bebas terhadap kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran geografi siswa SMAN di Kabupaten Probolinggo / Roby Firmandil Diharjo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Diharjo Roby Firmandil. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa SMAN Di Kabupaten Probolinggo. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Budijanto M.Sos. (II) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd. M.Si Kata Kunci Inkuiri Bebas Berfikir Kritis Kemampuan berfikir kritis sangat penting dimiliki setiap siswa. Siswa yang memiliki kemampuan berfikir kritis dengan baik akan mampu menjawab tantangan permasalahan dimasa yang akan datang. Inkuiri bebas merupakan model pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai subjek pembelajaran sehingga mampu membangun dan melatih kemampuan berfikir kritisnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri bebas terhadap kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran geografi siswa SMAN di Kabupaten Probolinggo. Metode penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan meembandingkan kelas eksperimen dengan menggunakan inkuiri bebas dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Kemampuan berfikir kritis di ukur melalui instrument soal essai pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Hasil perolehan data kemampuan berfikir kritis siswa berupa gainscore pretest dengan menggunakan analisis uji-t berbantuan program IBM SPSS statistik 20. Paparan hasil perolehan data siswa SMAN di Kabupaten Probolinggo sebesar 0 000

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62397

Actions (login required)

View Item View Item