Pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa SMA / Kurnia Dewi Anjani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa SMA / Kurnia Dewi Anjani

Anjani, Kurnia Dewi (2017) Pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa SMA / Kurnia Dewi Anjani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anjani Kurnia D. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA. Tesis. Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan M. Pd M. P (II) Dr. Ach. Amirudin M. Pd Kata kunci Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Motivasi belajar siswa Motivasi belajar siswa sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Rendahnya motivasi belajar siswa di kelas berpengaruh terhadap keberlangsungan pembelajaran dan juga menurunnya prestasi siswa. Salah satu faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa yaitu pelaksanaan pembelajaran di kelas yang kurang menarik menarik minat siswa. Oleh karenanya perlu pembelajaran dengan suasana kelas yang menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik yaitu model pembelajaran berupa permainan. Model pembelajaran tersebut yaitu model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Model pembelajaran TGT memiliki ciri khas berupa permainan dan turnamen yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada penelitian ini model pembelajaran TGT diterapkan pada mata pelajaran geografi materi hidrosfer di SMA Islam Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa SMA. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen semu yang terdiri dari kelas eksperimen (kelas X MIA4) dan kelas Kontrol (kelas X MIA1). Pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan model Team Games Tournament (TGT) sedangkan kelas kontrol dengan model konvensional. Instrumen dalam penelitian ini yaitu instrumen perlakuan dan instrumen motivasi. Instrumen perlakuan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sedangkan instrumen motivasi berupa angket tertutup yang didasarkan pada Motivated Strategies For Learning Questionnaire (MSLQ). Analisis data pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis uji t (t-test) menggunakan software SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh data P-value yaitu 0 003 yang berarti P-value 0 05. Rata-rata skor motivasi pada kelas eksperimen yaitu 75 12 sedangkan rata-rata skor motivasi pada kelas kontrol yaitu 71 33. Maka dengan demikian rata-rata skor motivasi belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Saran yang dapat diberikan peneliti berdasarkan hasil penelitian yaitu model pembelajaran TGT memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa sehingga dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran geografi materi hidrosfer. Selain itu pelaksanaan model pembelajaran TGT dapat dilaksanakan di ruangan yang lebih luas agar tidak mengganggu pembelajaran di kelas lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62381

Actions (login required)

View Item View Item