Pengembangan buku teks geografi model Phil Gersmehl pada materi dinamika atmosfer / Richi Ledi Aprianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku teks geografi model Phil Gersmehl pada materi dinamika atmosfer / Richi Ledi Aprianto

Aprianto, Richi Ledi (2015) Pengembangan buku teks geografi model Phil Gersmehl pada materi dinamika atmosfer / Richi Ledi Aprianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aprianto Richi Ledi. 2015. PengembanganBukuTeksGeografi Model Phil GersmehlpadaMateriDinamikaAtmosfer. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Dr. Budijanto M.Sos. Kata kunci bukuteksgeografi dinamika atmosfer. Bukuteksgeografi yang beredar di sekolahbelummampumembuatsiswamemahamiisibukusecaramendalam. Hal inidapatdibuktikandarihasilidentifikasikesalahanbukuteksgeografikelas X penerbitMasmediapadamateridinamikaatmosfermasihditemukanbanyakkesalahan. Kesalahan yang ditemukanantara lain (1) substansi meliputi konsepdanfakta/data (2) bahasameliputi penggunaantandabaca yang belumtepat penggunaankosa kata yang tidakbaku susunankalimatbelumjelas danparagraf yang belummemenuhi serta (3) kualitaspenggunaangambarmasihrendah. Tujuanpenelitiandanpengembanganiniuntukmenghasilkanbukuteksgeografidenganmenggunakan model Phil Gersmehl. Buku model inidipilihkarenapenyajianmaterinyasesuaidengankaidahilmugeografi. Penelitiandanpengembanganinimendeskripsikanmateridinamikaatmosferpadakelas X semester II agar sesuaidengankompetensidasardankaidahkeilmuangeografi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural Dick and Carey. Model tersebut disederhanakan berdasarkan kebutuhan pengembangan antara lain (1) analisiskebutuhandengancaramengidentifikasi KI KD danindikator (2) analisismateri (3) penulisandanpengembanganbukuteks model Phil Germehl (4) validasidanujicoba serta (5) revisidanprodukakhir. Ujicobabukuhasilpengembangandilaksanakan di SMA KemalaBhayangkari 3 Porong. Jumlahsubjekujicoba 46 siswa. Instrumenpengumpulan data berupaangkettanggapansiswa guru dansoaltespemahaman. Teknikanalisisdata yangdigunakanadalahanalisisdeskriptif. Berdasarkanhasilpenelitianmenunjukkanbahwabukutekshasilpengembanganlayakdigunakansiswadalampembelajaran. Kelayakantersebutditunjukkandari data hasilvalidasiahlimateri bahasa desain danujicobalapanganbahwabukutekstermasukdalamkategoriefisien. Selainitu kelayakanbukuteksjugaditunjukkanolehhasiltespemahamandanrevisi yang telahdilakukan. Revisibukuteksdilakukanberdasarkanhasilvalidasiahlidanujicobalapangan. Revisiberdasarkanhasilvalidasiahli meliputi konsepisi/materi ketepatanmateridengangambar penambahangrafik ketepatanpenggunaandiksidanistilah warnasampul penyajiangambar dankejelasantujuanpembelajaran. Revisiberdasarkanhasilujicobalapangan meliputi pemberiancontohperhitunganiklim pemberiangambarpadasoalevaluasi penulisanistilahsulitdalamglosarium penggunaanistilah sertakejelasanketerangangambar. Saran agar produkbukuteksdiperkenalkanmelalui seminar media online dan forum MGMP geografi. Bukutekshendaknyadilakukanujicobasampaitahapeksperimenuntukmengetahuipengaruhprodukbukuterhadaphasilbelajarsiswa. Bukuteksinihanyaterbataspadamateridinamikaatmosfer olehkarenaituhendaknyadikembangkanjugapadamaterigeografi yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62318

Actions (login required)

View Item View Item