Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Risma Dwi Arisona - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Risma Dwi Arisona

Arisona, Risma Dwi (2015) Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Risma Dwi Arisona. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arisona Risma Dwi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Achmad Fatchan M. Pd. M. P. (II) Dr. Singgih Susilo M. S. M. Si. Kata Kunci model pembelajaran project based learning hasil belajar geografi Project Based Learning adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Siswa dituntut menyelesaikan masalah yang ada di sekitarnya secara mandiri dalam bentuk produk nyata yang bermanfaat. Pembelajaran ini berasumsi bahwa siswa belajar mengonstruksi konsep melalui pengalaman hidupnya sendiri dan bukan menghafal konsep. Pelaksanaan pembelajaran Project Based Learning senantiasa dikaitkan dengan konteks kehidupan siswa yang bertujuan agar siswa dapat menerapkan isi atau materi mata pelajaran geografi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Proyek dalam penelitian ini adalah karya tulis ilmiah (makalah) tentang permasalahan pencemaran sampah di sekitar pasar besar Bojonegoro yang berdekatan dengan Sungai Bengawan Solo. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar geografi Siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Non equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bojonegoro semester genap tahun ajaran 2014/2015. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas dipilih berdasarkan nilai UAS semester 1. Instrumen penilaian hasil belajar menggunakan tes esai. Hasil penilaian berupa data gain score yang merupakan selisih nilai pre-test dan post-test dianalisis menggunakan t-test dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh nilai p-level lebih kecil 0 05 (p

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62312

Actions (login required)

View Item View Item