Pengaruh model guided inquiry learning terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Adiatma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model guided inquiry learning terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Adiatma

Adiatma (2015) Pengaruh model guided inquiry learning terhadap hasil belajar geografi siswa SMA / Adiatma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adiatma. 2014. Pengaruh Model Guided Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis Pendidikan Geografi Pascasarjana UM. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Ach. Fatchan M. Si. M. Pd. (II) Dr. I. Nyoman Ruja S. U Kata Kunci Guided Inquiry Learning Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry Learningterhadap hasil belajar geografi siswa SMA.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 3 Lau Maros semester genap tahun ajaran 2014/2015. Kelas X IIS 1 ditetapkan sebagai kelas eksperimendengan jumlah siswa sebanyak 34 orang dan kelas X IIS B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Penentuan subjek penelitian berdasarkan hasil nilai ujian semester ganjil yang memiliki rata-rata nilai yang hampir sama. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar dan variabel bebasnya adalah model Guided Inquiry Learning. Untuk mengetahui hasil penelitian ini peneliti menggunakan instrumen pengukuran hasil belajar dalam bentuk essai sebanyak enam butir pertanyaan.Hasil belajar dianalisis dengan menggunakan rumus t-test melalui bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh oleh kelas eksperimen dari 42 47 menjadi 79 88 dengan peningkatan mencapai 37 41. Pada kelas kontrol juga mengalami peningkatan hasil belajar dari 44 45 menjadi 65 88 dengan peningkatan mencapai 21 38. Meskipun telah terjadi peningkatan hasil belajar pada kela kontrol tetapi peningkatannya tidak terlalu signifikan.Hasil analisis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa angka P-value untuk t-test yaitu 0 000. Hal ini berarti 0 000 0 05 maka H0 ditolak. Nilai ini berarti ada pengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi siswa SMA antara siswa yang belajar dengan modelGuided Inquiry Learning dan siswa yang belajar dengan metode ceramah dan diskusi. Berdasarkan hasil Penelitian maka dianjurkan kepada guru untuk menggunakan model Guided Inquiry Learning. Penggunakan model GIL lebih efektif apabila digunakan pada materi geografi yang memuat subtansi materi dengan konsep fakta. hal tersebut dikarenakan tidak semuanya materi geografi sinkron dengan model Guided Inquiry Learning. Terutama materi yang memuat konsep abstrak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62309

Actions (login required)

View Item View Item