Peningkatan hasil belajar geografi melalui studi lapangan di kelas XI IPS SMAN 1 Pakusari Jember / Abdullah Muizuddin Hamdani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar geografi melalui studi lapangan di kelas XI IPS SMAN 1 Pakusari Jember / Abdullah Muizuddin Hamdani

Hamdani, Abdullah Muizuddin (2015) Peningkatan hasil belajar geografi melalui studi lapangan di kelas XI IPS SMAN 1 Pakusari Jember / Abdullah Muizuddin Hamdani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hamdani Abdullah Muizuddin. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Geografi Melalui Studi Lapangan Di Kelas XI IPS SMAN 1 Pakusari Jember. Tesis. Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M. Si. (II) Prof. Dr. Sumarmi M. Pd. Kata kunci Hasil belajar geografi studi lapangan Hasil belajar geografi yang rendah merupakan permasalahan di kelas XI IPS SMAN 1 Pakusari. Pada materi persebaran hewan dan tumbuhan terdapat 57 14% yang nilai ujiannya tidak tuntas. Selanjutnya pada materi dinamika dan permasalahan penduduk terdapat 74 28% yang tidak tuntas. Ketidaktuntasan tertinggi terjadi pada materi sumber daya alam yaitu sebanyak 88 57%. Nilai ujian geografi yang rendah memberi dugaan bahwa ada penyebab dibalik masalah tersebut. Hasil Pengamatan menunjukkan bahwa rata-rata siswa menggunakan LKS yang isinya menjelaskan gejala-gejala geografi secara garis besar dan terkesan abstrak. Metode pembelajaran yang diterapkan masih konvensional sebagian besar melalui ceramah. Hal tersebut menyebabkan siswa tidak memiliki pemahaman yang konkrit terhadap gejala dan fenomena geografi. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu pembelajaran melalui studi lapangan. Terdapat tiga tahapan dalam pelaksanaaannya yaitu persiapan bekerja di lapangan dan presentasi laporan akhir. Pada kegiatan ini siswa diberikan kesempatan untuk mendapatkan informasi materi melalui observasi dan wawancara langsung di lapangan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS SMAN 1 Pakusari dengan jumlah siswa sebanyak 35 pada materi persebaran barang tambang di Indonesia. Data penelitian ini berupa hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian dari pra tindakan siklus I sampai siklus II menunjukkan adanya peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar. Pada pra tindakan dari 11 42% meningkat menjadi 42 86% pada siklus I. Peningkatan secara signifikan terjadi pada siklus II yaitu sebanyak 88 57%. Dengan hasil tersebut ketuntasan klasikal dapat terpenuhi sehingga tidak perlu perbaikan pada siklus berikutnya. Guru dapat menerapkan studi lapangan untuk meningkatkan hasil belajar geografi. Ada baiknya diterapkan pada materi pelajaran yang membutuhkan lingkungan alam maupun sosial di sekitar sekolah sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62298

Actions (login required)

View Item View Item