Dewi, Susmala (2014) Pengembangan teks geografi model Buku Sekolah Elektronik (BSE) untuk SMP/MTs kelas VII / Susmala Dewi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dewi Susmala. 2013. Pengembangan Teks Geografi Model Buku Sekolah Elektronik (BSE) untuk SMP/MTs Kelas VII. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. (II) Prof. Dr. Ach Fatchan M.Pd. Kata kunci Pengembangan Teks Geografi Model Buku Sekolah Elektronik (BSE). Buku teks memiliki peranan penting bagi guru maupun siswa dalam pembelajaran. Bagi guru buku teks merupakan sumber informasi yang dapat dijadikan pedoman mengajar. Bagi siswa buku teks menjadi sumber belajar utama yang dapat meningkatkan kemampuan siswa sehingga tujuan belajar bisa tercapai. Namun demikian kenyataan di lapangan buku teks yang beredar di pasaran maupun yang digunakan sebagai pedoman wajib bagi siswa dan guru di sekolah sebagian besar mempunyai beberapa permasalahan dan kurang mendapat perhatian dari guru atau pihak terkait. Permasalahan mendasar yang berhubungan dengan buku teks geografi khususnya yakni kebenaran kebahasaan isi/materi/konsep dan kemenarikan penyajian. Salah satu jenis buku teks yang telah dinilai bermasalah adalah buku teks geografi untuk SMP/MTs kelas VII karangan Nurhadi Saleh Badri dan Susanti. Buku teks geografi ini ditulis kurang memperhatikan hakikat geografi kebahasaan dan aspek penyajian. Tentu saja permasalahan tersebut harus segera ditemukan solusinya supaya isi buku teks geografi memiliki kualitas yang lebih baik. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan melakukan pengembangan teks geografi model buku sekolah elektronik (BSE) yang ditulis dengan pendekatan geografi dan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah penelitian pengembangan dengan model Dick and Carey. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan cara memodifikasi langkah Dick and Carey yakni dari 10 langkah menjadi lima langkah. Penyederhanaan tersebut dilakukan karena disesuaikan dengan konteks pengembangan kebijakan pendidikan di Indonesia. Tempat pelaksanaan uji coba produk di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Suela-Lombok Timur-Nusa Tenggara Barat dengan jumlah responden 9 orang untuk uji coba kelompok kecil dan 28 orang untuk uji coba lapangan. Instrument untuk pengumpul data adalah angket. Hasil uji coba kepada siswa menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sudah baik berdasarkan aspek bahasa isi/materi dan penyajian. Dengan demikian teks geografi model buku sekolah elektronik yang dikembangkan telah sesuai dengan hakikat geografi memenuhi kriteria kebenaran bahasa dan tersaji dengan sajian yang relevan serta layak untuk diproduk dan digunakan untuk siswa dan guru pada proses pembelajaran. Untuk penggunaan buku teks disarankan kepada siswa untuk memperhatikan bagan materi agar bisa belajar secara sistematis dan melihat beberapa-istilah penting di glosarium. Desiminasi dilakukan melalui pelaksanaan seminar penyebarluasan melalui MGMP dan dimuat dalam jurnal atau e-book. Pengembangan produk lebih lanjut sebaiknya dibuat dua semester melakukan uji coba di beberapa sekolah dan dieksperimentkan untuk melihat pengaruh hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |