Pengembangan bahan ajar model Diknas kurikulum 2006 untuk SMA/MA kelas X, semester I, topik hakikat geografi / Mustofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar model Diknas kurikulum 2006 untuk SMA/MA kelas X, semester I, topik hakikat geografi / Mustofa

Mustofa (2013) Pengembangan bahan ajar model Diknas kurikulum 2006 untuk SMA/MA kelas X, semester I, topik hakikat geografi / Mustofa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mustofa 2013.PengembanganBahan AjarModel Diknas Kurikulum 2006 untuk SMA/MA Kelas X Semester I Topik Hakikat Geografi.Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto M.Pd. (II) Prof.Dr. Sumarmi M.Pd. Kata Kunci pengembangan bahan ajar geografi. Pengembangan buku teks dengan materi hakikat geografi bagi pembelajaran di jenjang pendidikan menengah atas dilatarbelakangi oleh tiga hal yaitu tingkat ketergantungan guru maupun siswa terhadap buku teks relatif tinggi hasil analisis terhadap kualitas buku teks pembelajaran menunjukkan bahwa masih terdapat kesalahan ditinjau dari aspek substansi maupun kebahasaan dan fungsi krusial pemahaman terhadap materi hakikat geografi. Tingkat ketergantungan guru dan siswa terhadap buku teks relatif tinggi sehingga diperlukan tindakan progresif untuk memenuhi kebutuhan sarana pembelajaran tersebut. Kualitas buku teks yang telah terpublikasi secara meluas masih rendah sehingga diperlukan langkah-langkah penyempurnaan. Substansi produk yang berisi materi hakikat geografi merupakan dasar mempelajari geografi. Bila materi tersebut tidak dijabarkan dengan benar maka miskonsepsi dalam pembelajaran geografi akan terus berkelanjutan. Pembelajaran geografi berubah menjadi penjabaran materi ilmu bantu geografi. Penelitian ini berupaya mengembangkan buku teks yang lebih baik dibandingkan dengan yang telah terpublikasi. Buku teks yang dikembangkan ini didesain menggunakan tata bahasa yang baku memiliki substansi yang valid menyajikan gambar yang relevan uraian materi memiliki instrumen evaluasi yang berfungsi optimal sebagai penguatan dan balikan serta penataan layoutyang legible. Materi buku teks difokuskan pada pembahasan Hakikat Geografi dengan bobot yang disesuaikan standarkompetensidankompetensidasarkurikulum 2006bidangstudigeografiuntuk SMA/MA kelas X Semester I. Prosedur pengembangan ini mengacu pada model konseptualDick Carrey.Penerapan prosedur pengembangan model Dick Carreydisederhanakandari sepuluh langkah menjadi delapan langkah yaitu 1) analisis bahan ajar 2) identifikasi muatan kurikulum 3) analisi materi 4)penyusunan draf buku teks 5) validasi ahli 6) revisi draf 7) uji coba lapangan dan 8) revisi akhir.Subjek uji coba yaitu siswa kelas X A dan X B SMAAbul Faidl Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Tujuan uji coba untuk mengumpulkan data respon siswa dan hasil belajar. Data respon siswa dianalisis dengan cara direduksi dan disitematiskan dalam bentuk tabel matriks. Data hasil belajar dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data respon siswa dan hasil belajar diperoleh dua kesimpulan yang terkait dengan teknis perbaikan dan objektivitas performa produk. Kesimpulan pertama yakni perbaikan yang disarankan menurut hasil validasi ahli dan uji coba lapangan meliputi aspek materi kebahasaan media soal evaluasi dan tampilan buku teks. Kesimpulan kedua yakni penerapan buku teks produk pengembangan ini dalam pembelajaran dapat mendukung pencapaian ketuntasan belajar.Fungsi buku teks sebagai bahan ajar semakin optimal bila didukung oleh faktor individu berupa daya kognitif yang baik. Saran yang diperoleh dari hasil pengkajian produk yang telah direvisi terkait dengan tiga hal meliputi teknis pemanfaatan kegiatan deseminasi dan perbaikan untuk pengembangan berikutnya. Hal yang perlu dilengkapi agar pemanfaatan buku teks pembelajaran semakin optimal yaitu gambar peta yang berskala sedang dengan resolusi yang baik dan literatur lokal yang berfungsi sebagai penunjang penjabaran konsep secara aplikatif berdasarkan pendekatan kontekstual.Hal yang perlu dilakukan untuk mendeseminasikan buku teks ini yaitu dengan mempublikasikan dalam forum guru geografi tingkat kabupaten atau disebarluaskan melalui internet. Saran yang terkait dengan perbaikan terhadap kelemahan produk dalam kegiatan pengembangan selanjutnya yaituperluasan/penambahan materi pembelajaran dan penyesuaian dengan muatan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter tahun 2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62259

Actions (login required)

View Item View Item