Pengembangan pembelajaran e-learning berbasis moodle pada matakuliah penginderaan jauh S-1 Jurusan Geografi Universitas Negeri Malang / Andik Suwastono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran e-learning berbasis moodle pada matakuliah penginderaan jauh S-1 Jurusan Geografi Universitas Negeri Malang / Andik Suwastono

Suwastono, Andik (2011) Pengembangan pembelajaran e-learning berbasis moodle pada matakuliah penginderaan jauh S-1 Jurusan Geografi Universitas Negeri Malang / Andik Suwastono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Geografi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Dr. Agus Suryantoro M.Si. Kata kunci geografi pengembangan e-learning moodle penginderaan jauh E-learning merupakan inovasi penggunaan teknologi informasi untuk mendukung pembelajaran. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi pembelajaran e-learning pada materi penginderaan jauh yang dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran dan menjadi alat bantu perkuliahan untuk penyampaian materi dan tugas-tugas terstruktur mahasiswaJurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang.Penelitian pengembangan ini menggunakan Learning Management System (LMS) moodle untukmendesain dan mengatur tata laksana penyelenggaraan pembelajaran. Prosedur pengembangan pembelajaran e-learning ini melalui 4 tahapan yaitu tahap studi pendahuluan tahap pengembangan tahap evaluasi dan tahap diseminasi. Produkpengembangan yang dihasilkan berbentuk (1) model web learning mata kuliah penginderaan jauh dan (2) panduan penggunaan untuk mahasiswa dan dosen. Pengembangan pembelajaran berbasis e-learning ini telah diujicoba pada kegiatan perkuliahan penginderaan jauh mahasiswa S1 Jurusan Pendidikan Geografi semester genap tahun pelajaran 2010-2011. Pada tahapan evaluasi uji coba awal dilakukan pada 10 mahasiswa dan 34 orang mahasiswa dalam uji coba lanjutan.Hasil uji coba awal dan lanjutan dengan 7 indikator menunjukan hasil sebagai berikut (1) hasil uji coba awal berdasarkan rating scale mendapatkan prosentase 78 5% (2) hasil uji coba lanjutan berdasarkan rating scale mendapatkan prosentase 70 4%. Revisi dilakukan berdasarkan data yang diperoleh dari hasil uji coba dan masukan dari mahasiswa.Dari hasil pengujian sistem e-learning ini rata-rata responden tertarik dan antusias menggunakan model pembelajaran ini. Hasil pengembangan telah divalidasi ahli materi danahli media masing-masing mendapatkan prosentase 85 38% dan 93 85%. Hasil tersebut menunjukkan hasil pengembangan produk sudah baik dan layak untuk digunakan mahasiswa. Berdasarkan temuan penelitian beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan pengembangane-learning adalah kajian-kajian pada pemanfaatan-nya sebagai komplemen pembelajaran. Kajian tersebut meliputi evaluasi dalam hal (1) karakteristik mahasiswa sampai sejauh mana kesiapan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran berbasis e-learning (2) kesiapan dosen pengampu dan pengelola web (admin) (3) ketersediaan perangkat penunjang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62225

Actions (login required)

View Item View Item