Hawindri, Brila Susi (2017) Pengembangan senam otak berbasis gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif menggunakan stimulasi lobus frontal untuk anak tunagrahita ringan di SLB / Brila Susi Hawindri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hawindri Brila Susi. 2016. Pengembangan Senam Otak Berbasis Gerak Dasar Lokomotor Nonlokomotor dan Manipulatif menggunakan Stimulasi Lobus Frontal Untuk Anak Tunagrahita Ringan di SLB. Tesis Jurusan Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Saichudin M.Kes. (2) Dr. Sapto Adi M.Kes. Kata kunci senam otak gerak dasar lobus frontal tunagrahita ringan Berdasarkan hasil wawancara bahwa kendala yang dihadapi di lapangan adalah kurangnya jumlah guru pengampu mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan sehingga pendampingan anak ketika proses pembelajaran masih kurang. Belum adanya senam yang terfokus sesuai dengan karakteristik peserta didik yang dapat meningkatkan kinerja otak dan saraf tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan senam otak berbasis gerak dasar lokomotor nonlokomotor dan manipulatif menggunakan stimulasi lobus frontal untuk anak tunagrahita ringan di SLB dengan menyesuaikan karakteristik peserta didik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan prosedur pengembangan dari Borg and Gall (1983 775) langkah-langkah tersebut adalah (1) melakukan analisis kebutuhan (2) rencana produk awal (3) evaluasi ahli (4) uji coba kelompok kecil (5) revisi produk pertama (6) uji coba kelompok besar (7) revisi produk akhir. Hasil data validasi ahli neurologi diperoleh persentase sebesar 95% hasil data validasi ahli pendidikan jasmani adaptif diperoleh persentase sebesar 92 5% hasil data validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 96 88%. Dari data tersebut dapat dinyatakan produk pengembangan valid dan dapat dilanjutkan ke tahap uji coba. Dari hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 90% dan hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 91 08%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan senam otak berbasis gerak dasar lokomotor nonlokomotor dan manipulatif menggunakan stimulasi lobus frontal dapat digunakan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani untuk anak tunagrahita ringan di SLB. Saran-saran peneliti dalam pengembangan penelitian ini menuju ke arah lebih lanjut sebagai berikut (1) sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas produk yang dikembangkan karena hasil pengembangan ini masih terbatas sampai tersusunnya sebuah produk saja (2) untuk subjek penelitian diharapkan lebih luas tidak hanya di SLB Negeri Pembina Tingkat Nasional Bedali Lawang saja tetapi di sekolah-sekolah lain yang mempunyai karakteristik peserta didik yang sama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62161 |
Actions (login required)
View Item |