Pengembangan permainan untuk materi kebugaran jasm,ani siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VIII semester gasal / Asnando - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan untuk materi kebugaran jasm,ani siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VIII semester gasal / Asnando

Asnando (2017) Pengembangan permainan untuk materi kebugaran jasm,ani siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VIII semester gasal / Asnando. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asnando 2017. Pengembangan Permainan untuk Materi Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VIII Semester Gasal. Tesis Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Supriyadi M. Kes. (2) Dr. Sapto Adi M. Kes. Kata kunci kebugaran jasmani pendidikan jasmani permainan. Kebugaran Jasmani menjadi salah satu materi pada setiap jenjang pendidikan yang terdapat pada mata pelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Menengah Pertama. Di Indonesia kebugaran jasmani pada tingkat pelajar masih kurang. Permainan dapat diterapkan pada siswa Sekolah Menengah Pertama di sekolah terutama untuk materi kebugaran jasmani sebagai sarana tercapainya tujuan pendidikan jasmani yang disesuaikan dengan kurikulum yang ada. Berdasarkan observasi kendala yang dihadapi di lapangan adalah guru tidak memberikan permainan yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani memupuk sportifitas saling menghormati disiplin dan mengenalkan kepada siswa bagaimna cara mengembangkan komponen kebugaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan permainan untuk materi kebugaran jasmani siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VIII semester gasal dalam bentuk video dan buku petunjuk pelaksanaan permainan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan yang mengacu pada teori Research and Development Borg dan Gall yang telah dimodifikasi disesuaikan dengan keadaan di lapangan mengacu pada teori Ardhana. Jenis data yang berupa data kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif baik kualitatif maupun kuantitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari ahli permainan praktisi pengamat dan uji coba produk. Produk akhir yang dihasilkan berupa permainan untuk materi kebugaran jasmani siswa SMP kelas VIII semester gasal berisi 4 model permainan yaitu KATLINA LIKONA LINGKARAN BERWARNA dan CLIKORA. Setiap model permainan ini terdapat gambar model permainan keterangan gambar tujuan permainan jumlah peserta perlengkapan permainan pelaksanaan permainan catatan permainan peraturan permainan dan penilaian permainan yang dikemas dalam bentuk video dan buku petunjuk pelaksanaan permainan. Hasil data keseluruhan tinjauan ahli permainan diperoleh hasil 92 71% bermakna sangat valid hasil data praktisi diperoleh hasil 80 9% dan hasil data untuk tingkat keterlaksanaan diperoleh hasil rata-rata 4 29 bermakna tinggi . Pada hasil data uji kelompok kecil diperoleh hasil 82 29 % bermakna sangat valid dan data uji kelompok besar diperoleh hasil 91 10 % bermakna sangat valid . Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa permainan untuk materi kebugaran jasmani siswa SMP kelas VIII semester layak digunakan. Hasil pengembangan permainan ini hanya sampai pada tersusunnya produk dan tingkat keterlaksanaan produk belum sampai pada uji efektifitas produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62155

Actions (login required)

View Item View Item