Fernandes, Daud Markus (2017) Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) untuk siswa SMA kelas X / Daud Markus Fernandes. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fernandes Daud Markus. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) untuk Siswa SMA Kelas X. Tesis Jurusan Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M.E Winarno M.Pd (II) Dr. Supriyadi M.Kes. Kata kunci instrumen penilaian pengetahuan PJOK Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru PJOK pada salah satu sekolah di Kota Malang sebagai sampel pada tanggl 30 November 2015 diperoleh data pada sekolah sampel tersebut penilaian terhadap pengetahuan kognitif untuk setiap materi hanya menggunakan 4-7 soal. Bentuk soal yang digunakan adalah uraian dengan skor 1-4. Sementara soal untuk ujian akhir semester digunakan soal uraian berjumlah 10 soal. Soal yang dibuat hanya berkisar pada tingkatan berpikir kognitif C1-C2 saja sementara C3-C6 tidak digunakan. Selain itu tidak tidak ada kunci jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk instrumen penilaian pengetahuan pada mata pelajaran PJOK untuk Siswa kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model konseptual yang mengacu pada model Pengembangan Alat Ukur Psikologis menggunakan 10 langkah yaitu (1) pengembangan spesifikasi tes (2) penulisan soal (3) penelaahan soal (4) perakitan soal (5) uji-coba tes (6) analisis butir soal (7) seleksi dan perakitan soal (8) pencetakan soal (9) administrasi tes bentuk akhir (10) penyusunan skala dan norma. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi ahli produk dinyatakan valid. Ujicoba tes pilihan ganda dilaksanakan di SMAN 5 SMAN 8 dan SMAK St. Maria. Jumlah keseluruhan soal 190 184 soal dinyatakan valid 6 soal tidak valid. Reliabilitas (55%) masuk kategori sedang atau cukup. Tingkat kesukaran secara keseluruhan yakni 27 soal sangat mudah 35 soal kriteria mudah 69 soal kriteria sedang 27 soal kriteria sukar 32 soal sangat sukar. Indeks daya beda secara keseluruhan yakni sangat baik 3 16% baik 22 63% cukup 29 47 % jelek 30 53% sangat jelek 14 21%. Sedangkan soal uraian diujicobakan pada SMAN 8 Kediri. Jumlah soal keseluruhan 26 soal 17 soal dinyatakan valid 9 soal tidak valid. Reliabilitas masuk kategori baik. Instrumen yang digunakan sudah objektif karena pada saat mengukur peserta didik yang berbeda-beda relatif mendekati hasil yang sama.Tes yang dilaksanakan sudah praktis karena petunjuk-petunjuk yang digunakan sangat mudah dipahami hasil atau skor bisa langsung diketahui. Berdasarkan data yang dipaparkan di atas maka dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian pengetahuan pada mata pelajaran PJOK cukup valid reliabel objektif dan praktis sehingga dapat digunakan untuk mengukur kompetensi pengetahuan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62150 |
Actions (login required)
View Item |