Adhar, Agus (2018) Evaluasi program fasilitas SMK rujukan terhadap SMK aliansi di Malang Raya menggunakan model CIPP / Agus Adhar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Adhar Agus. 2018. Evaluasi Pelaksanaan Program Fasilitasi SMK Rujukan terhadap SMK Aliansi di Malang Raya Menggunakan Model CIPP. Tesis. Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Amat Mukhadis M.Pd. (II) Dr. Ahmad Dardiri M.Pd. Kata kunci evaluasi program fasilitasi SMK aliansi SMK rujukan CIPP. Salah satu strategi Direktorat PSMK untuk meningkatkan mutu SMK adalah menerapkan program kemitraan SMK rujukan dengan SMK aliansi. SMK rujukan membina mendukung dan memberi akses pemanfaatan sumber daya pendidikan bagi SMK aliansi. Bisakah program tersebut terlaksana dengan baik mengingat SMK rujukan sendiri memiliki kepentingan dan kesibukan secara internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan pelaksanaan fasilitasi SMK rujukan terhadap SMK aliansi di lapangan dengan menggunakan rancangan penelitian evaluatif model CIPP dan mengungkap kendala-kendala apa saja yang terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan evaluatif. Penelitian dilaksanakan di enam SMK rujukan di Malang Raya pada bulan Desember 2017 sampai Februari 2018 dengan jumlah responden 21 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan rata-rata dan presentase. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Aspek context yaitu (1) Relevansi program fasilitasi terhadap SMK aliansi dengan kondisi dan kebutuhan SMK yang ada di Malang Raya termasuk kategori sangat sesuai dan (2) Dukungan regulasi/kebijakan terhadap pelaksanaan program fasilitasi SMK aliansi termasuk kriteria sangat baik. Aspek input yaitu (1) Kriteria peserta dalam kegiatan fasilitasi terhadap SMK aliansi di Malang Raya mengacu pada materi bimtek SMK rujukan termasuk kategori sangat sesuai (2) Tingkat kesiapan atau kualitas SDM SMK rujukan sebagai pelaksana kegiatan fasilitasi termasuk kategori baik (3) Kesiapan sarana dan prasarana untuk pelaksana kegiatan fasilitasi terhadap SMK aliansi termasuk kategori sangat baik dan (4) Ketersediaan dana untuk pelaksanaan program termasuk kategori baik. Aspek process yaitu (1) perencanaan kegiatan termasuk kategori baik dalam artian proses perencanaan kegiatan fasilitasi telah dilakukan dengan baik (2) Kegiatan fasilitasi terhadap siswa sekolah aliansi termasuk kategori baik dan (3) Kegiatan pelatihan dan sharing kepada guru dan manajemen sekolah aliansi termasuk kategori baik. Aspek product yaitu (1) manfaat pelaksanaan program fasilitasi terhadap SMK aliansi termasuk kategori baik dan (2) ketercapaian tujuan kegiatan dengan rata-rata penilaian semua responden termasuk kategori cukup baik. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan fasilitasi yaitu kurangnya dukungan dana pedoman teknis pelaksanaan dipandang kurang kontekstual manajemen waktu dan belum maksimalnya kontrol Direktorat PSMK selaku pemangku kebijakan. Tindak lanjut program fasilitasi terhadap SMK aliansi di Malang Raya secara formal tidak berlanjut lagi pasca bergantinya Direktur PSMK dan berubahnya kebijakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62027 |
Actions (login required)
View Item |