Asmaul, Rina (2017) Kontribusi teaching factory dan pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha melalui pembentukan pola pikir wirausaha siswa SMK paket keahlian jasa boga di Kota Malang / Rina Asmaul. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Asmaul Rina. 2017. Kontribusi Teaching Factory dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Melalui Pembentukan Pola Pikir Wirausaha Siswa SMK Paket Keahlian Jasa Boga di Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Rina Rifqie Mariana M.P. (2) Dr. R. Machmud Sugandi. S.T. M.T. Kata Kunci Teaching factory pengetahuan kewirausahaan pola pikir wirausaha dan kesiapan berwirausaha. Syarat Negara maju apabila jumlah penduduknya minimal 2% berprofesi sebagai wirausaha tetapi di Indonesia masih berjumlah 1 5%. Salah satu solusi yang dapat ditempuh adalah dengan mempersiapkan lulusan SMK sebagai wirausaha muda. Langkah utama yang dapat ditempuh adalah dengan merubah pola pikir dari pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan kerja (job creator). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi teaching factory dan pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha siswa melalui pembentukan pola pikir wirausaha siswa SMK paket keahlian jasa boga di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian adalah siswa SMK kelas XI paket keahlian jasa boga di Kota Malang yang sudah melakukan praktik menggunakan model teaching factory dan sudah mendapatkan mata pelajaran Prakarya serta Kewirausahaan sejumlah 168 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling sejumlah 118 siswa dari dua sekolah. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil sebagai berikut (1) teaching factory berkontribusi signifikan terhadap pola pikir wirausaha (2) pengetahuan kewirausahaan berkontribusi signifikan terhadap pola pikir wirausaha (3) teaching factory dan pengetahuan kewirausahaan berkontribusi signifikan secara simultan terhadap pola pikir wirausaha (4) teaching factory berkontribusi signifikan terhadap kesiapan berwirausaha (5) pengetahuan kewirausahaan berkontribusi signifikan terhadap kesiapan berwirausaha (6) pola pikir wirausaha siswa berkontribusi signifikan terhadap kesiapan berwirausaha (7) teaching factory pengetahuan kewirausahaan dan pola pikir wirausaha berkontribusi signifikan secara simultan terhadap kesiapan berwirausah. Kesimpulannya adalah kontribusi teaching factory dan pengetahuan kewirausahaan melalui pembentukan pola pikir wirausaha dapat meningkatkan kesiapan berwirausaha siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Nov 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62000 |
Actions (login required)
View Item |