Vanani, Dwi Rista (2017) Pengaruh pelatihan daur ulang/recycle training limbah perca dengan teknik origami dan quilting terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan, kreativitas, dan kompetensi di SMK Negeri 1 Bangil / Dwi Rista Vanani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Vanani Dwi Rista. Pengaruh Pelatihan Daur Ulang/Recycle Training Limbah Perca dengan Teknik Origami dan Quilting terhadap Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Kreativitas dan Kompetensi di SMK Negeri 1 Bangil. Tesis. Jurusan Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mazarina Devi M.Si. (II) Aisyah Larasati S.T. M.T. MIM. Ph.D. Kata kunci pelatihan daur ulang sikap peduli lingkungan kreativitas kompetensi Perkembangan industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) di Indonesia dilihat dari konsumsi pakaian per kapita mencapai 4 5 kg per tahun memberi dampak negatif berupa peningkatan jumlah limbah tekstil. Berdasarkan hasil observasi jumlah limbah tekstil untuk skala industri kecil di Kecamatan Bangil Jawa Timur mencapai 0 5 kg per hari atau 15 kg per bulan. Limbah perca serat sintetis memiliki waktu penguraian 20-40 tahun sementara penanganan sampah berupa landfilling memberikan resiko limbah menghasilkan gas metana yang merupakan gas beracun penyumbang efek rumah kaca. Pelatihan daur ulang limbah perca bagi siswa SMK diharapkan dapat menanggulangi permasalahan limbah perca dalam jangka panjang dengan pertimbangan kemampuan yang dimiliki siswa serta kontribusi peran SMK dalam mengatasi permasalahan lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design dengan rancangan pretest posttest control group design. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Bangil Program Keahlian Tata Busana. Desain eksperimen menggunakan satu kelompok kontrol dan dua kelompok eksperimen dengan dua perlakuan. Kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dipilih secara acak dengan teknik proportionate random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi sederhana untuk menguji hubungan asosiatif dan uji t-test sampel independen untuk menguji hubungan komparatif pada hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan dapat dilihat pengaruh pelatihan daur ulang limbah perca dengan teknik origami dan quilting terhadap sikap peduli lingkungan hanya sebesar 15 6% dan 16 6% terhadap kreativitas sebesar 26 6% dan 14 7% terhadap kompetensi sebesar 22 9% dan 13 6%. Perbedaan peningkatan terbukti signifikan baik sikap peduli lingkungan kreativitas maupun kompetensi sesudah diberikan pelatihan daur ulang limbah perca dengan teknik origami dan quilting. Kesimpulan yang diperoleh bahwa pelatihan daur ulang limbah perca efektif meningkatkan sikap peduli lingkungan kreativitas dan kompetensi siswa namun bukan faktor utama yang mempengaruhi peningkatannya. Faktor lain seperti tanggung jawab pribadi tingkat pengetahuan kemampuan guru perlu dipertimbangkan dalam hal mempengaruhi sikap peduli lingkungan kreativitas dan kompetensi siswa. ABSTRACT Vanani Dwi Rista. The Effect of Recycle Training of Textile Waste with The Origami and The Quilt Techniques on The Improvement of The Environmental Concern Creativity and Competency in Vocational High School 1 Bangil. Thesis. Vocational Education Postgraduate Program. State University of Malang. Advisor (I) Dr. Mazarina Devi M.Si. (II) Aisyah Larasati S.T. M.T. MIM. Ph.D. Keywords recycle training environmental concern creativity competency The development of Textile and Textile Product industry (TPT) in Indonesia seen from the consumption of clothing per capita which have reached 4 5 kg each year give a negative impact as the increasing of the amount of textile waste. Based on the observations the amount of textile waste for small-scale industries in Kecamatan Bangil East Java reaches 0.5 kg per day or 15 kg per month. Synthetic textile waste has a decomposition time of 20-40 years while the handling waste uses landfilling provides risk the waste produce methane gas which is a toxic gas contributor to the greenhouse effect. Recycling training of textile waste for students on vocational high school is expected to overcome the problem of textile waste in the long term with consideration of the ability of students and the contribution of the role of SMK in overcoming the environmental problems. The type of research is a quasi experimental design with pretest posttest control group design. The location of research is at Vocational High School 1 Bangil fashion program. The experimental design used one control group and two experimental groups with two treatments. The control group and the experimental group were randomly selected by proportionate random sampling technique. The data analysis technique is a simple regression test for associative relationship and an independent sample t-test test for the comparative relations on the proposed hypothesis. The results showed no significant influence. The effect of recycling training textile waste with the origami and the quilt technique on the environmental concern are only 15.6% and 16.6% on the creativity are 26.6% and 14.7 % and on the competencies are 22.9% and 13.6%. The difference on the improvement are proved to be significant on environmental concern creativity and competence after being given recycling training textile waste either with origami or the quilt technique. The conclusion shows that the recycling training of textile waste effectively improves the environmental concern creativity and competence of students but it is not the main factors that affect the increase. Other factors such as personal responsibility the level of knowledge the ability of teachers maybe considered as the influencing factors of environmental concern creativity and student competence. KATA PENGANTAR Puji syukur dipanjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan kemudahan dan kelancaran dalam menyelesaikan penulisan tesis ini. Tesis ini merupakan salah satu matakuliah di Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Ucapan terima kasih disampaikan kepada yang terhormat 1.Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M.Pd selaku Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Malang yang membantu memberikan rekomendasi pada penelitian ini. 2.Dr. Purnomo S.T. M.Pd selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. 3.Dr. Dra. Mazarina Devi M.Si dan Aisyah Larasati S.T. M.T. MIM. Ph.D selaku Dosen Pembimbing yang telah memberikan arahan bimbingan dan support terhadap penyelesaian tesis ini. 4.Dr. Dra. Agus Hery Supadmi Irianti M Pd selaku Dosen Penguji yang telah memberikan arahan dan bimbingan terhadap penyelesaian tesis ini. 5.Suami orang tua dan saudara yang selalu memberikan semangat dukungan dan doa dalam proses penyusunan tesis ini. 6.Teman-teman mahasiswa Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang yang memberikan motivasi dan masukan terhadap penyusunan tesis ini. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmad taufiq dan hidayah-Nya kepada semua pihak. Peneliti berharap semoga tesis ini dapat bermanfaat dan berguna untuk masyarakat dalam mengembangkan pendidikan pada umumnya dan pendidikan kejuruan khususnya. Malang Juli 2017 Penulis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61972 |
Actions (login required)
View Item |