Amalia, Shofi Nur (2016) Problematika pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada tema Tempat Tinggalku di kelas IV SD Negeri Sukun 3 Kota Malang / Shofi Nur Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Amalia Shofi Nur. 2016. Problematika Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Tema Tempat Tinggalku di Kelas IV SD Negeri Sukun 3 Kota Malang. Skripsi. Program Studi S1 PGSD -Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sutrisno S.Pd. M.Pd. (2) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd. Kata Kunci Problematika Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Sekolah dasar Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi di salah satu SD Negeri guru menerangkan materi secara singkat siswa diminta mengerjakan LKS pendamping yang telah disediakan oleh sekolah untuk mengukur pengetahuan yang dimiliki siswa. Guru tidak melakukan penilaian kinerja dan penilaian proyek guru hanya terfokus membantu siswanya dalam melakukan percobaan. Alasan guru tidak melakukan penilaian kinerja dan penilaian proyek pada saat berlangsungnya pembelajaran karena guru belum menguasai teknik penilaian dengan baik. Selain itu guru mengalami kesulitan dalam menerapkan Kurikulum 2013 khususnya dalam melakukan penilaian. Guru juga menyampaikan bahwa sampai saat ini belum ada pelatihan khusus tentang penilaian dalam Kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan permasalahan guru dalam perencanaan pelaksanaan dan pelaporan penilaian autentik sesuai Kurikulum 2013 pada Tema Tempat Tinggalku di Kelas IV SD Negeri Sukun 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian menggunakan jenis studi kasus. Data yang dikumpulkan adalah tentang masalah yang dialami guru dalam membuat perencanaan penilaian pelaksanaan penilaian pengolahan penilaian dan pelaporan penilaian autentik kurikulum 2013 melalui observasi wawancara mendalam serta dokumentasi. Analisis data bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penilaian menunjukkan pada perencanaan penilaian autentik ditemukan fakta bahwa guru kelas IV belum membuat dokumen perencanaan sesuai dengan standar perencanaan penilaian. Pada pelaksanaan penilaian tidak terlaksana sesuai dengan rencana dikarenakan guru tidak membuat perencanaan penilaian dengan baik. Pengolahan penilaian dilakukan apabila nilai sudah terkumpul dalam setengah semester. Guru belum membuat laporan hasil penilaian secara rinci. Guru hanya memasukkan skor hasil penilaian pada daftar nilai yang kemudian diolah pada rapot. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu perencanaan pelaksanaan pengolahan dan pelaporan di SDN Sukun 3 Kota Malang masih mengalami beberapa kendala. Kendala tersebut meliputi pengembangan indikator penilaian beserta rubrik kisi-kisi penilaian terlalu banyak jenis penilaian pengolahan nilai yang harus dilakukan di akhir tema dan pelaporan dalam bentuk deskripsi. Hendaknya guru membiasakan untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi sehingga dapat mengikuti perkembangan dunia peserta didiknya. Selain itu untuk dinas pendidikan setempat hendaknya mengadakan pelatihan atau workshop bagi guru di sekolah khusus tentang penilaian kurikulum 2013 secara berkelanjutan serta melakukan pendampingan terhadap pelaksanaannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6197 |
Actions (login required)
View Item |