Arista, Hermin (2016) Konstribusi kompetensi dan pengalaman mengajar terhadap motivasi kerja dan kinerja guru serta dampaknya pada hasil belajar siswa / Hermin Arista. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Arista Hermin. 2015. Kontribusi Kompetensi dan Pengalaman Mengajar terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru serta dampaknya pada Hasil Belajar Siswa. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eddy Sutadji M.Pd dan (II) Dr. Hakkun Elmunsyah M.T. Kata kunci kompetensi guru pengalaman mengajar guru motivasi kerja guru kinerja guru hasil belajar siswa Reformasi di bidang pendidikan kejuruan menuntut perubahan karakter guru yang ada selama ini terbiasa dengan pola kepemimpinan instruksi semua serba diatur dari atas guru kehilangan kreativitas. Padahal untuk mampu bersaing di era global yang serba canggih era yang menuntut tingkat adaptasi yang tinggi terhadap perubahan memerlukan guru yang mempunyai motivasi dan kinerja tinggi. Kompetensi yang harus dimiliki guru meliputi kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan kontribusi antara variabel eksogen terhadap variabel endogen. Variabel eksogen pada penelitian ini adalah kompetensi pedagogik (X1) kompetensi kepribadian dan sosial (X2) dan pengalaman mengajar guru (X3). Variabel endogen pada penelitian ini adalah motivasi kerja guru (Y1) kinerja guru(Y2) dan hasil belajar siswa (Z). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Sampel yang digunakan adalah 64 guru SMK N Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri di Kabupaten Malang dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dokumentasi angket wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan model dekomposisi unuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung seperangkat variabel bebas (eksogen) terhadap variabel terikat (endogen). Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial dengan program SPSS for windows versi 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian dan sosial dan pengalaman mengajar guru berkontribusi secara signifikan (97 5%) terhadap motivasi kerja guru (98 3%) terhadap kinerja guru dan (98 8%) terhadap hasil belajar siswa. Secara umum 99 8% berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dan 0 2% dipengaruhi faktor-faktor lain. Hasil penelitian ini diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh pihak sekolah dan dinas pendidikan Kabupaten Malang guna peningkatkan kinerja guru dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61938 |
Actions (login required)
View Item |