Elmasari, Yandria (2015) Kontribusi lingkungan kerja, kemandirian belajar dan tes kemampuan kerja terhadap tingkat keberhasilan PRAKERIN kompetensi keahlian TKJ SMK se-kabupaten Tulungagung / Yandria Elmasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Elmasari Yandria. 2015. Kontribusi Lingkungan Kerja Kemandirian Belajar Dan Tes Kemampuan Kerja Terhadap Tingkat Keberhasilan Prakerin Kompetensi Keahlian TKJ SMK Se-Kabupaten Tulungagung. Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tuwoso M. P. (II) Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto M. Kom. Kata Kunci praktik kerja industri lingkungan kerja kemandirian belajar kemampuan kerja Praktik Kerja Industri merupakan bagian dari program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh setiap peserta didik di dunia kerja. Program praktek kerja industri pada implementasinya disusun bersama antara sekolah dan dunia kerja dalam rangka memenuhi kebutuhan siswa dan sebagai kontribusi dunia kerja terhadap pengembangan program pendidikan SMK. Dengan keberhasilan prakerin maka siswa akan mempunyai keterampilan dalam berwirausaha agar menjadi warga negara yang berguna berinisiatif berkreatif dan produktif sesuai dengan bidang mereka masinng-masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi persepsi siswa tentang lingkungan kerja kemandirian belajar siswa dan tes kemampuan kerja terhadapat tingkat keberhasilan prakerin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional untuk menyelidiki hubungan antarvariabel sehingga dapatdiketahui besarnya kontribusi. Instrumen yang digunakan peneliti adalah angket dokumentasi dan tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK di Kabupaten Tulungagung Kompetensi Keahlian TKJ yang telah melaksanakan praktek kerja industri. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random samplingdan diperoleh sampel penelitian sebesar 75 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lingkungan kerja prakerin terhadap tingkat keberhasilan prakerinmemiliki kontribusi sebesar 5 38% (2) kemandirian belajar siswa terhadap tingkat keberhasilan prakerinmemiliki kontribusi sebesar 11 56% (3) tes kemampuan kerja siswa terhadap tingkat keberhasilan prakerinmemiliki kontribusi sebesar 36 73% dan (4) lingkungan kerja kemandirian belajar dan tes kemampuan kerja secara bersama-sama terhadap tingkat keberhasilan prakerinmemiliki kontribusi sebesar 53 5%. Dari hasil kontribusi yang diperoleh sumbangan terendah sebesar 5 38% yaitu lingkungan kerja terhadap tingkat keberhasilan prakerin. Untuk itu kiranya guru lebih memperhatikan lingkungan kerja tempat pelaksanaan prakerin siswa. Lingkungan kerja yang kondusif baik dari fasilitas fisik yang diberikan ataupun dari lingkungan sosial dalam kaitan hubungan personal dengan pegawai lain maupun pimpinan akan memberikan dampak yang positif kepada siswa TKJ di Kabupaten Tulungagung yang melakukan praktek di tempat tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61933 |
Actions (login required)
View Item |