Basith P.S.P, Abdul (2011) Penggunaan trainer komputer untuk meningkatkan kompetensi menginstalasi PC siswa kelas X jurusan teknik komputer dan jaringan SMK Negeri 5 Malang / Abdul Basith P.S.P. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Ir. Syaad Padmanthara M.Pd (2) Drs. Wahyu Sakti G.I M.Kom Kata-kata kunci kompetensi menginstalasi PC media pembelajaran trainer komputer Sekolah Menengah Kejuruan Pembelajaran kompetensi mengintalasi PC mensyaratkan setiap peserta didik dapat menyelesaikan pekerjaan teknisi komputer. Salah satu dari kompetensi yang harus dipunyai teknisi adalah menginstalasi PC. Pembelajaran kompetensi menginstalasi PC di SMK Negeri 5 masih jauh dari yang diharapkan. Dari hasil pengamatan kelas XII pada saat Tugas Akhir (TA) 50% siswa belum tuntas kompetensi menginstalasi PC. Beberapa komentar dari industri pasangan juga menunjukkan bahwa kompetensi menginstalasi PC siswa SMK Negeri 5 masih kurang. Salah satu faktor penyebab tidak tuntasnya kompetensi menginstlasi PC adalah kurangnya media pembelajaran yang dapat mengasah kompetensi mengintalasi PC. Pada penelitian tindakan kelas ini penulis membuat media pembelajaran Trainer Komputer yang digunakan pada proses pembelajaran menginstalasi PC. Media pembelajaran Trainer Komputer juga dilengkapi jobsheet dan instrumen penilaian. Penelitian ini bertujuan memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas atau PTK (Classroom Action Research atau CAR) pelaksanaannya dilakukan pada kompetensi menginstalasi PC terdiri dari tiga ranah yang diteliti yaitu ranah kognitif ranah psikomotorik dan ranah afektif. Pada penilaian hasil akhir dikatakan siswa sudah lulus atau kompeten apabila siswa mempunyai nilai 8805 7 00 Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus tiap siklus terdiri 3 pertemuan. Setiap pertemuan menggunakan media Trainer Komputer dalam proses pembelajarannya. Pertemuan pertama mempelajari sub kompetensi merencanakan kebutuhan dan spesifikasi dan menginstalasi komponen PC. Pertemuan kedua mempelajari sub kompetensi mengatur komponen PC menggunakan software dan menyambung/memasang peripheral (secara fisik) dan setting peripheral menggunakan software. Pertemuan ketiga mempelajari sub kompetensi memeriksa hasil perkakitan pc dan pemasangan peripheral. .Siklus I diawali dengan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pada tahap perencaan didapat kurang dari 25% siswa mendapat nilai 8805 7. Pada tahap pelaksanaan dilakukan sesaui dengan skenario pembelejaran yang direncanakan. Hasil observasi didapat pada ranah kognitif sebanyak 15 15% mendapat nilai 8805 7 pada ranah psikomotorik 16 16% mendapat nilai 8805 7 dan pada ranah afekfif 21 21% mendapat nilai 8805 7. Hasil refleksi siklus I siswa yang mencapai nilai pengetahuan 8805 7 masih kurang dari separuh jumlah siswa maka pada siklus berikutnya ditambahkan macam-macam komponen komputer. Untuk meningkatkan kecepatan ketepatan kecermatan dan ketelitian menginstalasi PC diadakan pengulangan praktek menginstalasi PC. Hasil pembelajaran siklus II didapat pada ranah kognitif sebanyak 51 52% siswa mendapat nilai 8805 7 ranah psikomotorik sebanyak 57 58% siswa mendapat nilai 8805 7 dan ranah afektif 39 40% siswa mendapat nilai 8805 7. Setelah diskusi dengan rekan sesama guru mendapatkan masukan untuk membuatkan jobsheet sehingga siswa dapat bekerja secara mandiri. Pada siklus III dilaksanakan pembelajaran hasil refleksi siklus II. Setelah tahap pelaksanaan pembelajaran hasil penilaian dan pengamatan ranah kognitif sebanyak 100% siswa mendapat nilai 8805 7 ranah psikomotorik sebanyak 100% siswa mendapat nilai 8805 7 dan ranah afektif sebanyak 97% mendapat nilai 8805 7. Bertitik tolak pada temuan ini beberapa kesimpulan yang didapatkan yaitu (1) adanya peningkatan nilai pengetahuan (kognitif) menginstalasi PC (2) peningkatan kecepatan dan ketepatan mengintalasi PC (3) peningkatan ketelitian dan kecermatan mengintalasi PC.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Oct 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61817 |
Actions (login required)
View Item |