Pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media interaktif audio visual dan gaya belajar terhadap hasil belajar mata diklat kelistrikan otomotif siswa kelas II SMKN 1 Sedan Rembang tahun ajaran 2006/2007 / Ahmad Bahri Helmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media interaktif audio visual dan gaya belajar terhadap hasil belajar mata diklat kelistrikan otomotif siswa kelas II SMKN 1 Sedan Rembang tahun ajaran 2006/2007 / Ahmad Bahri Helmi

Ahmad Bahri Helmi (2010) Pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media interaktif audio visual dan gaya belajar terhadap hasil belajar mata diklat kelistrikan otomotif siswa kelas II SMKN 1 Sedan Rembang tahun ajaran 2006/2007 / Ahmad Bahri Helmi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas maraknya penggunaan berbagai ma-cam media pembelajaran oleh guru bidang studi dikalangan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Munculnya berbagai macam media interaktif yang telah di-buat oleh beberapa lembaga pendidikan dan latihan dianggap sangat membantu dalam proses kegiatan belajar mengajar baik pembelajaran di dalam kelas mau-pun pembelajarn di luar kelas (laboratorium atau bengkel).Media interaktif audio visual sengaja dirancang untuk mempermudah pembelajar dalam menyampaikan materi-materi pelajaran yang dikemas dalam bentuk tayangan gambar-gambar yang menarik serta animasi-animasi yang tidak membosankan. Oleh karena proses kegiatan belajar mengajar yang diharapkan mampu menghasilkan kompetensi serta pemahaman konsep-konsep materi pembelajaran maka diperlukan metode pembelajaran dengan strategi yang tepat. Untuk mem-berikan kesempatan yang luas kepada pebelajar dalam membentuk pemaknaan atas konsep-konsep materi pembelajaran yang diberikan serta pengalaman belajar yang mereka dapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Konsep pembelajaran yang demikian membutuhkan strategi pendekatan secara konstektual (Contextual Teac-hing and Learning/CTL). Dalam penerapannya dirasakan efisien bila fenomena nyata yang ada dapat dihadirkan di kelas melalui penggunaan media interaktif audio visual. Kegiatan belajar mengajar merupakan proses interaksi gabungan antara berbagai macam faktor pendidikan. Sebagaimana diketahui bahwa karakteristik pebelajar (gaya belajar) dalam menangkap stimulasi atau informasi merupakan faktor yang memiliki hubungan erat dengan proses kegiatan belajar mengajar dalam mencapai hasil yang diharapkan. Penelitian eksperimen ini menekankan pada pengkajian tentang pengaruh interaksi media pembelajaran dan gaya belajar terhadap perolehan hasil belajar pada kompeteni Perawatan dan Perbaikan Sistem AC. Oleh karena itu hipotesis yang dirumuskan sebagai berikut 1. Terdapat pengaruh hasil belajar siswa kelas II SMK N 1 Sedan Rembang se-bagai akibat gaya belajar siswa yang berbeda pada kompetensi Perawatan dan Perbaikan Sistem AC. 2. Terdapat pengaruh hasil belajar siswa kelas II SMK N 1 Sedan Rembang se-bagai akibat penggunaan media pembelajaran yang berbeda pada komptensi Perawatan dan Perbaikan Sistem AC. 3. Terdapat pengaruh hasil belajar siswa kelas II SMK N 1 Sedan Rembang se-bagai akibat interaksi gaya belajar dan media pembelajaran yang berbeda pada kompetensi Perawatan dan Perbaikan Sistem AC. Dengan demikian penelitian ini memiliki 3 (tiga) variabel yaitu media pembelajaran (media interaktif audiovisual dan konvensional) sebagai variabel bebas gaya belajar (visual dan auditorial) sebagai variabel moderator dan Hasil belajar (tes akhir hasil belajar) sebagai variabel terikat. Media interaktif audio visual kompetensi Perawatan dan Perbaikan Sistem AC tersebut tidak dilakukan pengukuran atau validasi terlebih dahulu karena justru penelitian ini dimaksudkan untuk melakukan pengukuran atau validasi terhadapnya. Gaya belajar diukur de-ngan menggunakan tes gaya belajar yang dikembangkan oleh Robbi DePorte Mark Reardon dan Sarah Singer-Nourie (2000 166). Sedangkan perolehan hasil belajar diukur dengan tes hasil belajar (tes akhir hasil belajar) yang diambil dari CD media interaktif audio visual yang kemudian dikembangkan berdasarkan tujuan instruksional pembelajaran dalam kurikulum. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SMK N 1 Sedan Rembang tahun ajaran 2006/2007 sebanyak 64 siswa. Oleh karena seluruh populasi diambil dan dijadikan sebagai sampel maka penelitian ini adalah penelitian sampel se-hingga hasil penelitian tidak dapat dipakai sebagai dasar untuk membuat generali-sasi parameternya (Djarwanto 2001 18). Data perolehan hasil belajar dianalisis dengan menggunakan analisis varian dua jalur (2x2). Karena penggunaan teknik analisis ini memungkinkan pengujian pada pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat pengaruh variabel moderator terhadap variabel terikat dan pengaruh interaksi antara variabel bebas dan variabel moderator terhadap variabel terikat secara bersama-sama. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifi-kan terhadap hasil belajar siswa sebagai akibat gaya belajar yang berbeda pada kompetensi Perawatan dan Perbaikan Sistem AC ditunjukkan oleh F hitung sebesar (6.08) yang dikonsultasikan pada F tabel 5% sebesar (4.00) (2) terdapat pengaruh yang sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa sebagai akibat peng-gunaan media pembelajaran yang berbeda pada kompetensi Perawatan dan Per-baikan Sistem AC yang ditunjukkan oleh F hitung sebesar (11.16) yang dikonsul-tasikan pada F tabel 5% sebesar (400) dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar sebagai akibat interaksi antara gaya belajar dan penggunaan media pembelajaran pada kompetensi Perawatan dan Perbaikan Sistem AC yang ditunjukkan oleh F hitung sebesar (4.27) kemudian dionsultasikan dengan F tabel sebesar (4.00). Berdasarkan temuan penelitian tersebut peneliti dapat mengajukan be-berapa kesimpulan sebagai berikut (1) sekolah dalam hal ini SMK N 1 Sedan Rembang sebaiknya mengusahakan agar media pembelajaran khususnya media interaktif audio visual diperbanyak atau dilengkapi sesuai dengan jumlah mata-diklat yang diajarkan (2) diperlukan pemetaan atas karakteristik siswa khususnya gaya belajar sebagai landasan dalam pemilihan metode dan media pembelajaran dan (3) penelitian ini terfokus pada media pembelajaran dan gaya belajar sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi perolehan hasil belajar. Oleh karena itu faktor-faktor lainnya masih membutuhkan penelitian tersendiri dalam setting penelitian yang sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61726

Actions (login required)

View Item View Item