Hubungan kemandirian, motivasi dan ketersediaan sumber belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Candipuro-Lumajang / Muchamad Fatoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemandirian, motivasi dan ketersediaan sumber belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Candipuro-Lumajang / Muchamad Fatoni

Muchamad (2010) Hubungan kemandirian, motivasi dan ketersediaan sumber belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Candipuro-Lumajang / Muchamad Fatoni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing ( I ) Prof. Dr. Wahjoedi M.E ( II ) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. Kata Kunci Kemandirian belajar Motivasi Belajar Ketersediaan Sumber Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Hasil belajar ekonomi di pengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya berhubungan dengan sejumlah karakteristik belajar siswa seperti kemandirian belajar motivasi belajar dan ketersediaan sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar (2) hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar (3) hubungan antara sumber belajar dengan hasil belajar (4) hubungan simultan antara kemandirian belajar motivasi belajar dan ketersediaan sumber belajar dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi. Penelitian dengan rancangan korelasional ini di laksanakan di SMA Negeri Candipuro-Lumajang dengan populasi sebanyak 324 siswa dan sampel 179 siswa. Sampel di ambil secara acak atau random. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemandirian belajar (X ) dengan hasil belajar (Y) (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar (X ) dengan hasil belajar (Y) (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara ketersediaan sumber belajar (X ) dengan hasil belajar (Y) (4) terdapat hubungan yang positif yang simultan antara kemandirian belajar (X ) Motivasi Belajar (X ) dan ketersediaan sumber belajar (X ) dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi (Y). Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut (1) Kepala SMA Negeri Candipuro- Lumajang untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi diharapkan dapat menciptakan suasana yang mendukung kemandirian belajar siswa memotivasi siswa untuk belajar secara mandiri dan menyediakan sumber belajar yang cukup (2) Kepada guru ekonomi SMA Negeri Candipuro- Lumajang untuk dapat membimbing siswa agar belajar mandiri memotivasi siswa dan turut menyediakan sumber belajar siswa agar hasil belajar siswa lebih meningkat (3) kepada siswa agar dapat belajar mandiri dengan penuh kesadaran memotivasi dirinya dan menggunakan sumber belajar yang ada (4) kepada peneliti menyarankan agar dapat meneliti kasus sejenis dengan wilayah populasi yang lebih besar serta dapat mengungkap lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61407

Actions (login required)

View Item View Item