Rohmah, Miftakhu (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran Ekonomi Pancasila / Miftakhur Rohmah <BR>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rohmah Miftakhur. 2017. Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Pancasila. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed (II) Dr. H. Agung Haryono SE. M.P. A.K Kata Kunci Pembelajaran Ekonomi Pancasila Pancasila merupakan landasan hukum di Indonesia juga menjadi ketentuan bagi kehidupan bangsa dan pembangunan ekonomi. Pancasila memiliki nilai-nilai kebudayaan yang sesuai dengan ciri khas bangsa Indonesia. Sehingga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat diinternalisasi melalui pendidikan ekonomi. Hal tersebut mejadi salah satu inovasi baru dalam pembelajaran ekonomi sebagai upaya untuk menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dan berakhlak mulia. Dimana pembelajaran ekonomi merupakan penanaman modal insani maka penting dalam pendidikan ekonomi untuk belajar memahami nilai-nilai yang termaktub didalamnya. Akan tetapi kondisi yang terjadi di lapangan belum ada dalam pembelajaran ekonomi di sekolah yang materinya memuat tentang pembelajaran ekonomi Pancasila. Oleh karena itu salah satu upaya dalam menerapkan pembelajaran ekonomi Pancasila adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran ekonomi Pancasila berupa silabus rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) buku kegiatan guru dan lembar kerja siswa (LKS). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran yang berupa silabus RPP buku kegiatan guru dan lembar kerja siswa (LKS). Pengembangan ini menggunakan pendekatan Design Based Research (DBR) yang memiliki 6 fase pengembangan antara lain 1) Identifikasi masalah 2) Merumuskan produk pengembangan 3) Desain dan pengembangan perangkat pembelajaran 4) Uji coba perangkat pembelajaran dan penerapannya 5) Mengevaluasi kelayakan perangkat pembelajaran dan yang terakhir 6) Menyempurnakan prototipe perangkat pembelajaran ekonomi Pancasila dan mengkomunikasikannya. Hasil pengembangan pembelajaran yang di validasi oleh ahli materi ahli media pembelajaran dan praktisi dan untuk hasil validasi Buku Kegiatan Guru menunjukkan rata-rata prosentase sebesar 95.12% tingkat kevalidan sangat valid yang artinya dapat digunakan tanpa revisi dengan kriteria sangat baik/sangat layak begitupula dengan hasil validasi LKS yang mencapai 90.93% serta RPP yang menunjukkan hasil prosentase rata-rata sebesar 96.10% dengan kriteria sangat baik/sangat layak. Perangkat pembelajaran telah di uji cobakan pada siswa kelas X IPS1 SMA Negeri 1 Trawas-Mojokerto yang meliputi uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan yakni dengan hasil presentase sebesar 93 63% artinya bahwa produk yang dikembangkan sangat layak untuk diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan diperoleh saran sebagai berikut 1) Perlu dikaji lebih dalam lagi terkait materi khusunya yang terkait dengan ekonomi Pancasila sebagai sumber belajar ekonomi sehingga pembahasan lebih menyeluruh untuk topik yang terkait ekonomi Pancasila 2) Perlu menggunakan model dan strategi lain dalam pembelajaran ekonomi Pancasila sehingga pembelajaran dapat lebih bervariasi 3) Perlu melakukan pengembangan media pembelajaran dengan memanfaatkan web dalam rangka menyampaikan materi ekonomi Pancasila sehingga akan lebih mudah untuk diakses sebagai bahan belajar bagi siswa khususnya dan masyarakat luas umumnya dan 4) Hasil dari produk pengembangan ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk penyajian materi ekonomi Pancasila dalam kurikulum sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61360 |
Actions (login required)
View Item |