Pengembangan skenario pembelajaran ekonomi berbasis proyek analitik melalui metode inkuiri-diskoveri di sekolah menengah atas / Achmad Miftachul Huda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan skenario pembelajaran ekonomi berbasis proyek analitik melalui metode inkuiri-diskoveri di sekolah menengah atas / Achmad Miftachul Huda

Huda, Achmad Miftachul (2017) Pengembangan skenario pembelajaran ekonomi berbasis proyek analitik melalui metode inkuiri-diskoveri di sekolah menengah atas / Achmad Miftachul Huda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Huda Achmad Miftachul. 2016. Pengembangan Skenario Pembelajaran Ekonomi Berbasis Proyek Analitik Melalui Metode Inkuiri-Diskoveri di Sekolah Menengah Atas Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mit Witjaksono M.S. Ed (2) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W. S.E. M.P. Ak. Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Proyek Inkuiri-Diskoveri Kemampuan Berfikir Analitik. Memahami permasalahan ekonomi tak hanya dengan mengetahui konsep-konsep dasar ekonomi saja tapi diperlukan juga kemampuan berfikir analitik dalam memecahkan permasalahan ekonomi yakni kemampuan untuk merinci/menguraikan suatu keadaan menurut bagian-bagian yang lebih kecil serta mampu memahami antar bagiannya. Dalam menjawab permasalahan ini peneliti mengembangkan produk berupa skenario pembelajaran ekonomi berbasis proyek analitik melalui metode inkuiri-diskoveri produk ini merupakan memadukan model pembelajaran berbasis proyek dengan kemampuan berfikir analitik sedangkan metode inkuiri-diskoveri digunakan untuk menunjuang proses pencarian informasi dalam pengerjaan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa skenario pembelajaran ekonomi berbasis proyek analitik melalui metode inkuiri-diskoveri. Prosedur pengembangan menggunakan pendekatan Design Based Research (DBR) yang mana terdiri dari 6 tahap yakni 1) identifikasi masalah 2) merumuskan produk 3) mendesain produk 4) uji coba 5) avaluasi kelayakan 6) mengkomunikasikan hasil. Hasil pengembangan divalidasi kelayakannya oleh ahli dan praktisi. Data hasil validasi ahli praktisi dan uji coba lapangan akan dijadikan dasar untuk melakukan revisi atau perbaikan skenario pembelajaran ekonomi yang sedang dikembangkan. Untuk tim ahli peneliti melakukan konfirmasi kepada ahli materi pendidikan ekonomi yang mana didapati kelayakannya sebesar 100% dan ahli teknologi pendidikan didapati kelayakannya sebesar 84% serta dari praktisi didapati sebesar 100%. Data uji coba lapangan berupa hasil penilaian sikap yang mana telah tercapai sebesar 96 5% hasil penilaian keterampilan yang mana telah tercapai sebesar 94 8% dan hasil penilaian pengetahuan yang mana telah tercapai sebesar 85 3%. Tak hanya data hasil uji coba lapangan saja namun peneliti melengkapi data ini dengan lembar respon siswa yang mana peneliti bagi ke dalam tiga tingkat yakni yang pertama untuk tingkat minat telah tercapai 80 2% tingkat manfaat telah tercapai 84% dan yang terakhir tindak lanjut telah tercapai 92 6%. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah peneliti kembangkan terdapat beberapa saran atas pembelajaran ini antara lain 1) Pemanfaatan skenario pembelajaran ekonomi berbasis proyek analitik ini perlu dikembangkan lebih lanjut. 2) Materi yang digunakan harus cocok dengan skenario pembelajaran yang dikembangkan. 3) Alokasi waktu yang digunakan harus sesuai dengan kemampuan peserta didik. 4) Pembelajaran perlu diperhatikan kelancaran sarana media elektronik yang inovatif dan kreatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61334

Actions (login required)

View Item View Item