Ardiana, Metiy (2017) Pengaruh prestasi Prakerin, hasil belajar mata pelajaran produktif dan kemandirian belajar terhadap daya adaptif kerja melalui mediasi self efficacy pada siswa kelas XI SMK Program Keahlian Perbankan se Kabupaten Mojokerto / Metiy Ardiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ardiana Metiy. 2016.Pengaruh Prestasi Prakerin Hasil Belajar Matapelajaran Produktif dan Kemandirian Belajar terhadap Daya Adaptif kerja melalui mediasi Self Efficacy pada siswa kelas XI SMK Program Keahlian Perbankan se Kabupaten Mojokerto. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd (II) Dr. Agung Haryono S.E M.P.Ak Kata Kunci Prestasi Prakerin Hasil Belajar Matapelajaran Produktif Kemandirian Belajar Self- Efficacy dan Daya Adaptif Kerja. Perkembangan dunia usaha dan dunia industri menuntut adanya sumber daya manusia yang cerdas terampil mandiri kompetitif kompeten serta berdaya adaptasi tinggi. Salah satunya adalah di bidang perbankan namun perkembangan dunia industri perbankan tidak diikuti dengan pertumbuhan kualitas SDM. Fakta diatas menjadikan tantangan bagi sistem pendidikan untuk meningkatkan standar mutu pendidikan di Indonesia. Oleh karenanya dibutuhkan peran serta SMK sebagai salah satu lembaga penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan keahlian kejuruan yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program penguasaan kerja yang diharapkan mampu kedepannya mengantar siswa siswi SMK program keahlian perbankan untuk siap bersaing dan berdaya adaptasi terhadap tantangan dunia kerja saat ini.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Prestasi prakerin Hasil Belajar matapelajaran produktif perbankan Kemandirian belajardan self efficacy terhadap Daya Adaptif kerja. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan expostfacto. responden dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMK Program Keahlian Perbankan se Kabupaten Mojokerto Tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 125 siswa. Teknik pengambilan sample menggunakan Proportional Random Sampling. data dikumpulkan dengan angket dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan teknik analisis jalur (path analysis) berbantuan komputer program lisrell 8.30. Hasil penelitian menunjukkan (1) daya adaptif kerja siswa sangat tinggi (76 70%) prestasi prakerin tinggi(39 81%) hasil belajar matapelajaran produktif perbankan tinggi(58 3%) kemandirian belajar sedang (62 14%) self efficacy siswa sedang (82 52%) (2) terdapat pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung antara prestasi prakerin hasil belajar matapelajaran produktif perbankan kemandirian belajar self efficacy dan daya adaptif kerja siswa kelas XI program keahlian perbankan se Kabupaten Mojokerto. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat 10 pengujian hipotesis dalam penelitian ini ada 4 hipotesis tidak terbukti dan 6 hipotesis lainnya yang terbukti. untuk itu diharapkan agar sekolah lebih mampu meningkatkan sisi kualitas hasil belajar matapelajaran produktif perbankan melalui kerjasama intensif dengan pihak dunia industri menambah sarana dan fasilitas praktikum pembelajaran serta mengadakan sistem evaluasi yang menganut standar kurikulum sekolah dan standar industri. Tesis ini dapat menjadi bahan refrensi bagi penelitian berikutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61317 |
Actions (login required)
View Item |