Farliana, Nina (2015) Kontekstual pengembangan bahan ajar kewirausahaan SMK / Nina Farliana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Farliana Nina. 2015. Kontekstualisasi Pengembangan Bahan Ajar Kewirausahaan SMK. Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. MitWitjaksono MS.Ed. (2) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak. Kata kunci Kontekstualisasi Bahan Ajar Kewirausahaan. Mata pelajaran kewirausahaan difokuskan bertujuan agar peserta didik dapat mengaktualisasikan diri dalam perilaku wirausaha. Kondisi empiris yang terjadi diantaranya materi yang dibahas dalam pembelajaran kurang sesuai dengan konteks dan isu-isu yang sedang berkembang dalam masyarakat. Kondisi ideal yang seharusnya adalah kegiatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan atau menerapkan sendiri ide-ide yang dimiliki untuk belajar. Pentingnya kontekstualisasi pengembangan bahan ajar memungkinkan peserta didik memperoleh pengetahuan lebih banyak sehingga meningkatkan keterampilan yang dimiliki. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) menghasilkan bahan ajar kewirausahaan yang kontekstual untuk SMK yang valid praktis dan efektif bagi peserta didik sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar. (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan design based research (DBR) dengan enam fase pengembangan yaitu (1) identifikasi masalah (2) merumuskan produk pengembangan bahan ajar (3) desain dan pengembangan bahan ajar (4) uji coba prototipe bahan ajar (5) evaluasi kelayakan prototipe bahan ajar dan (6) penyempurnaan kontekstualisasi pengembangan bahan ajar kewirausahaan SMK. Hasil validasi ahli pendidikan dan praktisi ditunjukkan dengan persentase sebesar 81 25% (valid/ layak) dan 79% (layak). Selanjutnya uji perorangan terhadap bahan ajar menunjukkan 78% yang berarti bahan ajar cukup praktis sehingga dapat digunakan dengan revisi. Kemudian uji kelompok kecil menunjukkan 82% serta uji lapangan tentang tanggapan bahan ajar menunjukkan persentase sebesar 81 11% yang berarti bahwa bahan ajar praktis dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Evaluasi kelayakan bahan ajar juga dilihat dari hasil analisis angket motivasi siswa yang menunjukkan persentase sebesar 80 83% yang berarti bahwa bahan ajar termasuk kualifikasi praktis serta telah mampu meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran kewirausahaan. Hasil akhir dari kontekstualisasi pengembangan bahan ajar berupa refleksi kegiatan pembelajaran yang menyatakan bahwa outcome kegiatan pembelajaran telah mampu menciptakan situasi pembelajaran dimana siswa mampu mengaitkan pengetahuan dengan situasi kondisi di lingkungan sekitar tempat tinggal. Siswa juga mampu memahami materi yang diajarkan yang kemudian mampu diaktualisasikan dalam suatu bentuk keterampilan. Kontekstualisasi pengembangan bahan ajar kewirausahaan telah menghasilkan temuan penelitian yang berupa pemahaman dan motivasi siswa dalam pembelajaran serta penggunaan bahan ajar kewirausahaan yang kontekstual efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61278 |
Actions (login required)
View Item |