Pengembangan pembelajaran ekonomi berkarakter kebangsaan melalui model trust based cooperative learning di SMA Negeri 5 Malang / Arbi Batulante - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran ekonomi berkarakter kebangsaan melalui model trust based cooperative learning di SMA Negeri 5 Malang / Arbi Batulante

Batulante, Arbi (2014) Pengembangan pembelajaran ekonomi berkarakter kebangsaan melalui model trust based cooperative learning di SMA Negeri 5 Malang / Arbi Batulante. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Batulante. Arbi. 2014. Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Berkarakter Kebangsaan Melalui Model Trust Based Cooperative Learning Di SMA Negeri 5 Malang. Tesis. Prodi S2 Pendidikan Ekonomi Jenjang Magister Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed. (II) Dr. Agung Haryono M.P Kata kunci Pembelajaran Ekonomi Berkarakter Kebangsaan Melalui Model Trust Based Cooperative Learning Hasil observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Malang lebih cenderung kepada pembelajaran konvensional atau secara umum menggunakan strategi ekspositori sehingga siswa hanya pasif dan diharapkan dapat menangkap dan mengingat informasi yang telah diberikan oleh guru serta mengungkapkan kembali apa yang telah dimilikinya melalui respon yang diberikannya pada saat diberi pertanyaan oleh guru. Pembelajaran seperti keadaan tersebut berarti bahwa pembelajaran ekonomi yang selama ini diterjadikan di kelas cenderung mengajarkan budaya kompetisi yang lebih mengarah pada nilai-nilai liberalisme kepada peserta didik serta melupakan nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia yang terkandung pada Pancasila dan UUD 1945 khususnya pada pasal 33 yaitu budaya kebersamaan gotong royong serta kekeluargaan dalam belajar. Berkaitan dengan itu maka diperlukan penelitian dan pengembangan pembelajaran ekonomi berkarakter kebangsaan melalui model Trust Based Cooperative Learning untuk menterjadikan pembelajaran ekonomi yang medasarkan tingkat kepercayaan yang dimiliki siswa kedalam pembelaaran koopertif serta dapat menginternalisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan Pasal 33 UUD 1945 yang mengacu pada tujuan pembelajaran ekonomi yang termaktub dalam Standar Isi. Penelitian ini menggunakan pendekatan model Design Based Research dalam pengembangan Pembelajaran Ekonomi Berkarakter Kebangsaaan Melalui Model Trust Based Cooperative Learning. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik statistika deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan hasil tanggapan peserta didik pada saat uji coba di SMA Negeri 5 Malang sebesar 94%. Hal ini berarti bahwa skenario model Trust Based Cooperative Learning dapat memahamkan peserta didik tentang konsep ekonomi yang sesuai dengan ideologi Bangsa Indonesia terutama dapat menanamkan nilai-nilai karakter kebangsaan diantaranya menjunjung tinggi kebersamaan menghargai pendapat orang lain dan musyawarah untuk mufakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61221

Actions (login required)

View Item View Item