Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap kompetensi guru ekonomi SMA se-Kota Bima tahun 2013 / Agussalim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap kompetensi guru ekonomi SMA se-Kota Bima tahun 2013 / Agussalim

Agussalim (2013) Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap kompetensi guru ekonomi SMA se-Kota Bima tahun 2013 / Agussalim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agussalim. 2013. Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Kompetensi Guru Ekonomi SMA se-Kota Bima Tahun 2013. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I. Prof. Dr. Wahjoedi ME. Pembimbing II. Prof. Dr. J.G. Nirbito M.Pd. Kata Kunci Kompetensi Guru Faktor Internal Faktor Eksternal. 12288 12288 12288 Kompetensi guru adalah gambaran pengetahuan dan pemahaman guru sebagai tenaga pendidik yang profesional. Penguasaan kompetensi secara garis besar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal guru. Faktor internal guru meliputi berpikir kritis sikap motivasi berprestasi dan kedisiplinan. Faktor eksternal guru meliputi kesejahteraan ekonomi sumber belajar pelatihan dan perkembangan teknologi informatika. 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh parsial dan simultan serta perbedaan pengaruh antara faktor internal dan eksternal terhadap kompetensi guru ekonomi. Subjek penelitian adalah guru ekonomi SMA se-Kota Bima berjumlah 48 orang. Instrumen penelitian ini adalah (1) angket faktor internal dan faktor eksternal dan (2) soal pilihan ganda untuk mengungkap penguasaan kompetensi guru ekonomi. Teknik analisis data regresi berganda. 12288 12288 12288 Berdasarkan data hasil penelitian menujukan bahwa faktor internal (1) kemampuan berpikir kritis tergolong cukup tinggi (2) sikap tergolong baik (3) motivasi berprestasi tergolong cukup tinggi dan (4) kedisiplinan tergolong cukup tinggi. Faktor eksternal guru meliputi (1) kesejahteraan ekonomi cukup tinggi (2) pemanfaatan sumber belajar tergolong rendah (3) kegiatan pelatihan tergolong rendah dan (4) pemanfaatan perkembangan teknologi informatika tergolong rendah. Penguasaan kompetensi guru ekonomi tergolong cukup tinggi. Hasil pengujian hipotesis menunjukan secara parsial faktor internal berpikir kritis sikap motivasi berprestasi dan kedisiplinan berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru ekonomi. Sedangkan secara simultan faktor internal berpikir kritis sikap motivasi berprestasi dan kedisiplinan berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru ekonomi. Secara parsial faktor eksternal kesejahteraan ekonomi sumber belajar pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru ekonomi kecuali perkembangan teknologi informatika. Sedangkan secara simultan faktor eksternal kesejahteraan ekonomi sumber belajar pelatihan dan perkembangan teknologi informatika berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru ekonomi. Secara simultan faktor internal dan faktor eksternal berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru ekonomi. Hasil regreris stepwise diketahui model terbaik yang paling signifikan dalam mempengaruhi kompetensi guru ekonomi adalah faktor eksternal kesejahteraan ekonomi. Dengan demikian diharapkan kepada (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Bima dalam rangka kebijakan pengembangan kompetensi perlu memperhatihan faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi guru. (2) Guru ekonomi agar ditingkatkan lagi kualitas masing-masing sub-variabel faktor internal dan faktor eksternal. (3) Akademisi lain agar melakukan penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas faktor internal dan faktor eksternal guru serta melakukan kajian kritis tentang prilaku ekonomi guru sertifikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61207

Actions (login required)

View Item View Item