Keefektifan penerapan metode simulasi dalam pembelajaran ekonomi (eksperimen pada siswa kelas X SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2012-2013) / Ni'matul Istiqomah - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan penerapan metode simulasi dalam pembelajaran ekonomi (eksperimen pada siswa kelas X SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2012-2013) / Ni'matul Istiqomah

Istiqomah, Ni'matul (2013) Keefektifan penerapan metode simulasi dalam pembelajaran ekonomi (eksperimen pada siswa kelas X SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2012-2013) / Ni'matul Istiqomah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci simulasi mind mapping inquiry economic literacy gaya belajar hasil belajar. Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan bagaimana kecenderungan gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran simulasi mind mapping dan inquiry dengan menguji efektivitas dari metode pembelajaran simulasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang bertujuan untuk menguji efektivitas dari metode pembelajaran simulasi terhadap hasil belajar pada siswa yang memiliki tingkat economic literacy tinggi sedang rendah serta gaya belajar siswa yakni concrete sequential abstract sequential concrete random dan abstract random. Penelitian ini menggunakan rancangan desain factorial 3 x 3. Uji hipotesis menggunakan uji beda rata-rata dan ANOVA 3 jalur pada taraf signifikansi 0 05%. Sebelum dilakukan uji varian dilakukan uji prasarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dalam penelitian eksperimen semu menggunakan sampel non acak karena peneliti menggunakan kelompok-kelompok yang sudah terbentuk secara alami (seperti kelas atau organisasi). Pada penelitian ini terpilih 3 (tiga) kelas dari 6 (enam) kelas X di SMA Laboratorium UM pada tahun pelajaran 2012-2013. Kelas X.6 merupakan kelas eksperimen (simulasi) kelas X.2 dan X.3 merupakan kelas kontrol (mind mapping dan inquiry). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan metode simulasi. Hal ini diketahui dari perolehan rata-rata pre test dan post test meningkat dengan gain score sebesar -25.581 2) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan metode mind mapping. Penghitungan statistik menunjukkan bahwa rata-rata nilai ore tes dan post test siswa sebesar 57.27 dan 75.68 dengan gain score sebesar -18.409 3) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan inquiry dengan rata-rata pre test sebesar 60.47 dan rata-rata post test sebesar 76.63 4) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan metode simulasi mind mapping dan inquiry melalui tingkat economic literacy tinggi sedang rendah dan gaya belajar siswa concrete sequential abstract sequential concrete random abstract random yang ditunjukkan oleh tabel Tests of Between-Subjects Effects dengan tingkat signifikansi 0 033 0 05 dan terdapat interaksi antara penggunaan metode pembelajaran tingkat economic literacy siswa dan gaya belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan pembelajaran simulasi meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa siswa dengan tingkat economic literacy tinggi mencapai hasil belajar tinggi. Hal ini dikarenakan siswa dengan mempunyai kemampuan dasar ekonomi telah memiliki dasar untuk memahami materi-materi ekonomi. Siswa dengan gaya belajar abstract random mencapai hasil belajar lebih tinggi dibandingkan siswa dengan gaya belajar lain pada pembelajaran simulasi. Saran yang diberikan kepada guru yaitu guru diharapkan menggunakan pembelajaran simulasi pada pembelajaran ekonomi. Penerapan pembelajaran simulasi ini diberikan pada kelas dengan kecenderungan gaya belajar abstract random untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Saran untuk penelitian lebih lanjut yaitu agar dikaji variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Selain itu peneliti selanjutnya juga disarankan untuk mengukur hasil belajar siswa dari segi afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61200

Actions (login required)

View Item View Item