Penerapan metode belajar SQ3R dan carousel feedback untuk meningkatkan suasana belajar dan hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri 1 Talun / Vella Chari Purwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode belajar SQ3R dan carousel feedback untuk meningkatkan suasana belajar dan hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri 1 Talun / Vella Chari Purwanto

Purwanto, Vella Chari (2013) Penerapan metode belajar SQ3R dan carousel feedback untuk meningkatkan suasana belajar dan hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri 1 Talun / Vella Chari Purwanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci SQ3R Carousel Feedback suasana belajar dan hasil belajar ekonomi. Pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Talun terdapat kelemahan dalam proses pembelajaran ekonomi di kelas XI. Yaitu pola pembelajaran yang diterapkan masih terpusat pada guru (teacher centered) sehingga siswa kurang diberi kesempatan untuk terlibat secara maksimal dalam proses pembelajaran. Selain itu minat baca terhadap buku ekonomi juga rendah. Hal ini berdampak pada suasana belajar yang begitu pasif dan hasil belajar siswa yang rendah. Metode belajar SQ3R merupakan salah satu metode membaca yang mampu meningkatkan kemampuan dalam memahami bacaan mengingat bacaan lebih mudah dan melatih siswa berpikir kritis. Metode belajar Carousel Feedback merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Kagan. Inti dari metode belajar Carousel Feedback ini setiap kelompok mengerjakan tugas diskusi setelah selesai melaksanakan tugas diskusi setiap kelompok berputar searah jarum jam untuk memberikan feedback kepada kelompok lain. Untuk itu peneliti menggunakan kedua metode belajar ini untuk meningkatkan suasana belajar dan hasil belajar ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan suasana belajar dan hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama enam kali pertemuan dalam tiga siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Talun semester 2 tahun pembelajaran 2012/2013. Data penelitian yang digunakan yaitu data penerapan metode belajar SQ3R dan Carousel Feedback data suasana belajar dan data hasil belajar ekonomi siswa. Hasil penelitian dapat dipaparkan secara ringkas sebagai berikut. 1) Pelaksanaan penerapan metode belajar SQ3R dan Carousel Feedback dapat meningkatkan suasana belajar. Pada siklus I keseluruhan aspek suasana belajar memperoleh rata-rata prosentase 80 6% siklus II memperoleh rata-rata prosentase 95 2% dan siklus III memperoleh rata-rata prosentase 95 2%. 2) Pelaksanaan penerapan metode belajar SQ3R dan Carousel Feedback dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Tes akhir pada siklus I siswa yang memperoleh nilai 8805 75 hanya empat siswa atau sebesar 13 7% dan siswa yang memperoleh nilai 8804 75 sebanyak 25 siswa atau sebesar 86 2%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan siswa yang memperoleh nilai 8805 75 berjumlah 16 siswa atau sebesar 55 2% dan yang memperoleh nilai 8804 75 berjumlah 13 siswa atau sebesar 44 8%. Pada siklus III terjadi peningkatan secara signifikan siswa yang memperoleh nilai 8805 75 berjumlah 26 siswa atau sebesar 89 6% dan siswa yang memperoleh nilai 8804 75 berjumlah 3 siswa atau sebesar 10 3%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diajukan beberapa saran yaitu 1) bagi guru ekonomi dapat melaksanakan penerapan metode belajar SQ3R dan Carousel Feedback di kelas untuk meningkatkan suasana belajar dan hasil belajar ekonomi. Metode belajar SQ3R dan Carousel Feedback dapat digunakan sebagai variasi dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Untuk metode SQ3R dapat divariasikan sebagai penugasan di rumah sebelum pembelajaran dilaksanakan agar hasilnya lebih optimal. Pemilihan bahan diskusi untuk Carousel Feedback hendaknya dipilih secara tepat karena hal ini akan berpengaruh terhadpa proses diskusi. 2) Bagi peneliti lain salah satu metode belajar yang digunakan dalam penelitian ini dapat divariasikan dengan metode belajar yang lain agar pembelajaran yang dilakukan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61194

Actions (login required)

View Item View Item