Penerapan model direct instruction untuk meningkatkan kemampuan siswa menyusun laporan keuangan di SMK Negeri 1 Tarakan / Usman - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model direct instruction untuk meningkatkan kemampuan siswa menyusun laporan keuangan di SMK Negeri 1 Tarakan / Usman

Usman (2013) Penerapan model direct instruction untuk meningkatkan kemampuan siswa menyusun laporan keuangan di SMK Negeri 1 Tarakan / Usman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Usman. 2013. Penerapan Model Direct Instruction untuk Mening-katkan Kemapuan Siswa Menyusun Laporan Keuangan di SMK Negeri 1 Tarakan. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M (II) Dr. I Wayan Jaman Adi Putra M.Si. Kata kunci Model Direct Instruction Kemampuan Siswa Lapo-ran Keuangan. Mata pelajaran menyusun laporan keuangan merupakan salah satu pelaja ran produktif yang memerlukan ketelitian analisis dan memerlukan banyak per-hitungan dalam menyusun laporan keuangan sesuai standar akuntansi. Permasala-han yang terjadi di SMK Negeri 1 yaitu rendahnya hasil belajar menyusun laporan keuangan siswa kelas XI Akuntansi 2 sehingga perlu menerapkan model direct instruction untuk meningkatkan kemampuan siswa menyusun laporan keuangan. Pemilihan model direct instruction karena model ini sesuai dengan sintak pembe-lajaran akuntansi yang bersifat prosedural yang dapat diajarkan selangkah demi langkah. Penelitian tindakan kelas ini diterapkan untuk mencapai tujuan pembelaja-ran yaitu meningkatkan kemampuan siswa menyusun laporan keuangan di SMK Negeri 1 Tarakan. Model pembelajaran yang digu nakan adalah model direct in-struction. Model ini dianggap mampu meningkatkan kemampuan siswa menyusun laporan keuangan karena didalamnya siswa berlatih secara terstruktur dan siswa melakukan praktik dengan bimbingan guru secara langsung. Penelitian dikhu-suskan pada mata pelajaran menyusun laporan keuangan materi me nyusun laporan arus kas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Ta-rakan yang berjumlah 33 siswa sedangkan obyeknya adalah ha sil belajar aktivitas guru dan respon siswa terhadap penerapan model direct in struction. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan observasi selama proses pembelajaran serta angket respon siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan tin dakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model direct instruction dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotor siswa menyusun laporan keuangan di SMK Negeri 1 Tarakan. Kemampuan kognitif siswa menyusun laporan keuangan pada siklus I secara klasikal 73% dan pada siklus II secara kla-sikal 91% (meningkat 18%) sedangkan secara indi vidu 83% pada siklus I dan 87% pada siklus II (meningkat 4%). Sedangkan kemampuan psikomotor siswa menyusun laporan keuangan meningkat dari 70% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Skor rata-rata ak tivitas guru dalam menerapkan model direct instruction mengalami peningkatan sebesar 9% pada siklus I yaitu 83% (baik) dan pada siklus II yaitu 92% (sangat baik). Respon siswa terhadap penerapan model direct instruction memperoleh skor rata-rata 76% dengan kriteria setuju. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model direct instruction dapat meningkatkan kemampuan siswa menyusun laporan keuangan di SMK Negeri 1 Tarakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61183

Actions (login required)

View Item View Item