Evaluasi program pendidikan sistem ganda di SMK Negeri 1 Jember / Sri Lantur Premiarsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi program pendidikan sistem ganda di SMK Negeri 1 Jember / Sri Lantur Premiarsih

Premiarsih, Sri Lantur (2013) Evaluasi program pendidikan sistem ganda di SMK Negeri 1 Jember / Sri Lantur Premiarsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keywords PSG evaluasi program CIPP Pendidikan Sistem Ganda merupakan sistem pendidikan di sekolah Menengah Kejuruan yang diadopsi dari Negara Jerman. Sistem pendidikan ini memadukan kegiatan pembelajaran di sekolah dan kegiatan praktek kerja industri di Dunia Usaha dan Dunia Industri. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengevaluasi program Pendidikan Sistem Ganda di SMK Negeri 1 Jember. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui konteks PSG di SMK Negeri 1 Jember. 2) Mengetahui kualitas masukan PSG di SMK Negeri 1 Jember. 3) Mengetahui kualitas proses PSG di SMK Negeri 1 Jember. 4) Mengetahui kualitas produk PSG di SMK Negeri 1 Jember 5) Memberikan rekomendasi-rekomendasi yang dapat digunakan untuk pencapaian keefektifan pelaksanaan PSG di SMK Negeri 1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi (Evaluation Research) dengan menggunakan model CIPP (Context Input Process and Product) yang di kembangkan oleh Stufflebeam. Standart evaluasi ini disusun dalam suatu rubrik penelitian yang diadopsi dari berbagai landasan tentang Pendidikan Sistem Ganda. Sumber data penelitian terdiri dari Kepala Sekolah Waka Kurikulum Waka Humas Guru Pembimbing dari sekolah dan industri Ketua dan sekretaris Pokja PSG siswa jurusan Usaha Perjalanan Wisata dan dokumen. Pengumpulan data melalui dokumentasi wawancara dan observasi. Keabsahan temuan dicek dengan triangulasi data teori dan metode. Hasil penilitian ini adalah 1) Di dalam konteks PSG Perencanaa sudah dilaksanaan dengan baik hanya perlu dibuat tujuan PSG di sekolah dan perlu disiapkan kurikulum yang match dengan kebutuhan DU/DI. 2) Kualitas Masukan masih belum maksimal adanya naskah kerjasama antara sekolah dengan DU/DI juga perlu dibentuk Majelis Sekolah untuk membantu kerja Pokja PSG. 3) Pada kualitas Proses perlu perbaikan untuk kegiatan monitoring bagi pembimbing dan perlu diperbaiki materi pelajaran yang berkaitan dengan ticketing online. 4) Kualitas Produk Sekolah perlu melakukan penilaian setelah masa prakerin untuk melihat perubahan ketrampilan siswa. Dari evaluasi soal uji produktif sebanyak 33.33% siswa mendapat nilai di bawah KKM.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61174

Actions (login required)

View Item View Item