Rohanah, Siti (2016) Penerapan model quantum teaching pada pembelajaran PKn untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pungging Pasuruan / Siti Rohanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rohanah Siti. 2016. Penerapan Quantum Teaching pada Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Altivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Pungging Pasuruan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbig (I) Drs. Dimyati S.Pd. M.Pd (II) Muchtar S.Pd. M.Si. Kata Kunci Quantum Teaching aktivitas hasil belajar. Berdasarkan observasi dan wawancara kepada guru dan siswa SDN Pungging pada saat pembelajaran PKn ditemukan permasalahan (1) guru menggunakan pendekatan konvensional yaitu teacher center (2) sebanyak 10 dari 13 siswa mengikuti pembelajaran dengan pandangan kosong (3) siswa mengganggu teman yang memperhatikan penjelasan guru dan (4) siswa belum mampu menjawab pertanyaan dari guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) mendeskripsikan penerapan Quantum Teaching pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Pungging Pasuruan (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model Quantum Teaching pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Pungging Pasuruan dan (3)mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui penerapan model Quantum Teaching pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Pungging Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan tenik wawancara observasi tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan pemaparan data reduksi data pengelompokkan sesuai fokus masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quantum Teaching pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Pungging Pasuruan sudah diterapkan dengan kerangka TANDUR secara utuh dan sistematis yang terdiri dari 1) T tumbuhkan 2) A alami 3) N namai 4) D demonstrasi 5) U ulangi dan 6) R rayakan. Pada pra tindakan data aktivitas belajar siswa hanya mendengarkan dan mencatat pada siklus I data aktivitas siswa yaitu kerangka TANDUR yang terdiri dari 1) menjawab pertanyaan (T tumbuhkan) 2) bermain kartu (A alami) 3) membuat bagan (N namai) 4) bernyanyi (D demonstrasi) 5) mengerjakan teka-teki silang (U ulangi) dan 6) mendapat bintang prestasi (R rayakan). Dari siklus I ke siklus II sebanyak 11 dari 13 siswa mengalami peningkatan aktivitas belajar.Pada pra tindakan ke siklus I sebanyak 11 dari 13 siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Pada siklus I ke siklus II sebanyak 11 dari 13 siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa penerapan Quantum Teaching pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pungging Pasuruan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan dalam pelaksanaan pembelajaran sebaiknya guru lebih menumbuhkan motivasi siswa sehingga siswa memperhatikan penjelasan guru dan menjadi lebih bersemangat ketika belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6115 |
Actions (login required)
View Item |