Pengaruh pembelajaran ekonomi, lingkungan sosial budaya, dan sikap berkonsumsi terhadap perilaku konsumsi yang berkarakter / Diah Syifaul A'yuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran ekonomi, lingkungan sosial budaya, dan sikap berkonsumsi terhadap perilaku konsumsi yang berkarakter / Diah Syifaul A'yuni

A'yuni, Diah Syifaul (2012) Pengaruh pembelajaran ekonomi, lingkungan sosial budaya, dan sikap berkonsumsi terhadap perilaku konsumsi yang berkarakter / Diah Syifaul A'yuni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Progam Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec. Kata Kunci Pembelajaran ekonomi lingkungan sosial budaya sikap berkonsumsi perilaku konsumsi yang berkarakter. Perilaku konsumsi yang berkarakter dipengaruhi oleh beberapa variabel antara lain pembelajaran ekonomi yang diterima di sekolah lingkungan sosial budaya tempat tinggal seseorang serta sikap berkonsumsi yang menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti perilaku konsumsi yang berkarakter. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Apakah pembelajaran ekonomi mempengaruhi sikap berkonsumsi 2) Apakah lingkungan sosial budaya mempengaruhi sikap berkonsumsi 3) Apakah pembelajaran ekonomi mempengaruhi perilaku konsumsi yang berkarakter 4) Apakah lingkungan sosial budaya mempengaruhi perilaku konsumsi yang berkarakter 5) Apakah sikap berkonsumsi mempengaruhi perilaku konsumsi yang berkarakter 6) Apakah pembelajaran ekonomi melalui sikap berkonsumsi mempengaruhi perilaku konsumsi yang berkarakter 7) Apakah lingkungan sosial budaya melalui sikap berkonsumsi mempengaruhi perilaku konsumsi yang berkarakter Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan populasi sebanyak 233 dan diambil sampel sebanyak 147 responden. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan atau explanatory research. Instrument yang digunakan adalah angket dengan item pernyataan-pernyataan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dengan computer progam SPSS 16.00 for windows. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa 1) pembelajaran ekonomi berpengaruh secara langsung terhadap sikap berkonsumsi 2) lingkungan sosial budaya berpengaruh secara langsung terhadap sikap berkonsumsi 3) pembelajaran ekonomi berpengaruh secara langsung terhadap perilaku konsumsi yang berkarakter 4) lingkungan sosial budaya berpengaruh secara langsung terhadap perilaku konsumsi yang berkarakter 5) sikap berkonsumsi berpengaruh secara langsung terhadap perilaku konsumsi yang berkarakter 6) pembelajaran ekonomi berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi yang berkarakter melalui sikap berkonsumsi 7) lingkungan sosial budaya berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi yang berkarakter melalui sikap berkonsumsi. Melalui pembelajaran ekonomi yang baik kondisi lingkungan sosial budaya yang baik akan mempengaruhi sikap berkonsumsi yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Begitupun dengan proses pembelajaran ekonomi yang baik kondisi lingkungan sosial budaya yang baik dan didukung oleh sikap berkonsumsi yang baik akan dapat mempengaruhi perilaku konsumsi yang berkarakter pada mahasiswa. Perilaku konsumsi yang menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila yang sesuai dengan budaya Bangsa Indonesia yang sesuai dengan karakternya. Bukan perilaku konsumsi yang mementingkan diri sendiri (self nterested) tidak memperdulikan orang lain. Melalui pembelajaran ekonomi yang baik diharapkan dapat membentuk karakter mahasiswa yang sesuai dengan pancasila dalam perilaku konsumsinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61138

Actions (login required)

View Item View Item