Anwar, Saiful (2011) Pengaruh kepuasan dan public relations perception terhadap loyalitas mahasiswa melalui reputasi universitas (studi pada mahasiswa Univesitas Negeri Malang) / Saiful Anwar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. F. Danardana Murwani M.M. (II) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. Kata kunci kepuasan mahasiswa public relations reputasi universitas loyalitas mahasiswa. Globalisasi pendidikan mendorong terciptanya struktur pasar lembaga-lembaga pendidikan tinggi di Indonesia lebih kompetitif. Konsekuensi bagi pelaku bisnis didunia pendidikan harus berusaha menyusun strategi agar mampu bersaing dan bertahan hidup di persaingan bisnis. Salah satu solusi untuk meme-nangkan persaingan adalah dengan menciptakan loyalitas bagi mahasiswa. Beberapa faktor yang menentukan loyalitas mahasiswa adalah kepuasan mahasis-wa public relations dan reputasi universitas. Dengan adanya mahasiswa yang loyal terhadap universitas maka keberlangsungan sebuah universitas tersebut dapat terjamin. Seorang mahasiswa yang loyal terhadap universitasnya akan memiliki perilaku yang positif terhadap universitas perilaku loyal tersebut minimal tercermin tatkala mahasiswa tersebut merekomendasikan universitas kepada orang lain melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi di universitas yang sama mengambil kursus maupun program-program yang diselenggarakan oleh universitas atau bahkan memberikan donasi ataupun beasiswa kepada universitas dimana mereka dulu mengenyam pendidikan. pendidikan ekonomi sekarang tidak hanya relevan pada bagaimana menyampaikan mata pelajaran ekonomi di kelas saja tetapi kegiatan di luar kelas loyalitas mahasiswa sebagai bagian dari kompetensi ekonomi umum tentu saja merupakan topik pendidikan ekonomi karena loyalitas mahasiswa adalah situasi kehidupan yang secara inheren ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh langsung kepuasan mahasiswa terhadap reputasi Universitas Negeri Malang (2) pengaruh langsung kepuasan terhadap loyalitas mahasiwa Universitas Negeri Malang (3) pengaruh langsung Public Relations Perception terhadap reputasi Universitas Negeri Malang (4) pengaruh langsung Public Relations Perception terhadap loyalitas mahasiwa Universitas Negeri Malang (5) pengaruh langsung reputasi universitas terhadap loyalitas mahasiwa Universitas Negeri Malang. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Malang dengan sampel sebanyak 200 mahasiswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik propotionate random sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) Hasil penelitian dapat dipaparkan secara singkat sebagai berikut (1) terdapat pengaruh langsung positif signifikan kepuasan mahasiswa terhadap reputasi universitas hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi kepuasan mahasiswa maka semakin baik pula reputasi Universitas Negeri Malang (2) terdapat pengaruh langsung positif signifikan kepuasan terhadap loyalitas mahasiswa hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi kepuasan mahasiswa maka semakin tinggi pula loyalitas mahasiswa yang bersangkutan terhadap Universitas Negeri Malang (3) terdapat pengaruh langsung positif signifikan public relations terhadap reputasi universitas hal ini dapat diartikan bahwa semakin baik kegiatan public relations yang dilakukan oleh pihak universitas maka semakin baik pula reputasi Universitas Negeri Malang (4) terdapat pengaruh langsung positif signifikan public relations terhadap loyalitas mahasiswa hal ini dapat diartikan bahwa semakin baik kegiatan pu-blic relations yang dilakukan oleh pihak universitas maka semakin tinggi pula loyalitas mahasiswa yang bersangkutan terhadap Universitas Negeri Malang (5) terdapat pengaruh langsung positif signifikan reputasi Universitas Negeri Malang terhadap loyalitas mahasiswa hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi reputasi Universitas Negeri Malang maka semakin tinggi pula loyalitas mahasiswa yang bersangkutan terhadap Universitas Negeri Malang (6) terdapat pengaruh positif signifikan kepuasan terhadap loyalitas mahasiswa Universitas Negeri Malang. pengaruh tersebut tidak dimediasi oleh reputasi Universitas Negeri Malang sehingga upaya-upaya universitas dalam menciptakan loyalitas mahasiswa yang dipengaruhi oleh kepuasan mahasiswa tidak perlu memperhatikan reputasi Universitas Negeri Malang. (7) Kegiatan public relations yang dilakukan Universitas Negeri Malang tidak hanya difokuskan untuk meraih loyalitas mahasiswa saja tetapi juga difokuskan untuk meningkatkan reputasi Universitas Negeri Malang. Terkait dengan hasil penelitian ini Universitas Negeri Malang sebagai penyedia jasa pendidikan harus mengoptimalkan peran layanan layanan administratif untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa Universitas Negeri Malang. kegiatan-kegiatan public relations Universitas Negeri Malang yang dilakukan oleh bagian Sistem Infomasi dan Humas harus difokuskan tidak hanya untuk meraih loyalitas mahasiswa tetapi juga untuk menjaga dan meningkatkan reputasi Universitas Negeri Malang sedangkan bagi peneliti selanjutnya disarankan mengkaji lebih lanjut anteseden-anteseden loyalitas mahasiswa dengan menggunakan teknik analisis data yang sesuai dengan rancangan penelitian yang lebih kompleks. uji beda koefisien dengan measurement model dan SEM (Structural Equation Modelling) dapat dijadikan pilihan dalam melakukan analisis data
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61121 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |