Pengaruh penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 8 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Dian Kumalasari Karuna Bawana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 8 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Dian Kumalasari Karuna Bawana

Bawana, Dian Kumalasari Karuna (2011) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 8 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Dian Kumalasari Karuna Bawana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Banu Siswoyo M.M (II) Prof. Dr. Bambang Sugeng M.A M.M. Kata Kunci metode inkuiri terbimbing metode ekspositori motivasi berprestasi hasil belajar. Permasalahannya sekarang khususnya di SMAN 8 Malang peneliti melihat bahwa interaksi belajar mengajar lebih didominasi oleh peran guru di lain pihak siswa hanya menyimak dan mendengarkan informasi atau pengetahuan dari gurunya. Permasalahan lainnya yang terjadi adalah proses pembelajaran masih didominasi oleh metode ceramah (ekspositori) tanya jawab dan penugasan. Meskipun sudah melibatkan siswa dalam proses pembelajaran akan tetapi siswa kurang optimal dalam mengkonstruksi pengetahuannya. Akibatnya guru sangat aktif sedangkan siswa menjadi kurang aktif tidak kreatif dan kurang dapat mengembangkan potensinya (menurut pengamatan peneliti). Selain itu keadaan siswa yang tergolong mempunyai kemampuan tinggi sangatlah bagus apabila diterapkannya metode yang mengajak siswa untuk belajar dengan memanfaatkan keingintahuannya untuk berpikir dan bertindak sehingga meningkatkan berpikir kritis melalui pertanyaan/permasalahan yang ada. Salah satu alternatif pemecahannya adalah dengan penggunaan metode pembelajaran yang tepat antara lain metode inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang dikenai metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Malang (2) perbedaan motivasi berprestasi yang signifikan antara kelompok siswa yang yang dikenai metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Malang (3) pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Malang (4)pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan metode pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen yaitu penelitian yang melihat dan meneliti adanya akibat setelah subyek dikenai perlakuan pada variabel bebas. Penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan versi rancangan penelitian dari nonequivalent control group design (Tuckman 1999) factorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 304 dengan pembagian 8 kelas di SMAN8 Malang. Dalam penelitian ini teknik yang dipakai untuk pengambilan sampel adalah random sampling. Secara random pula peneliti memilih siswa kelas X-6 (dikenai metode pembelajaran inkuiri terbimbing) dan X-7 (dikenai metode pembelajaran ekspositori) di SMAN 8 Malang sebagai sampel dalam penelitian ini. Data di analisis dengan Uji Persyaratan dengan uji-t yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk hipotesis 1 dan 2 Analisis Regresi Linier Sederhana untuk hipotesis 3 dan 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar terhadap penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori secara bersama-sama. Karena pencapaian hasil belajar siswa dengan penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing jauh berbeda daripada kelompok siswa dengan metode pembelajaran ekspositori (2) ada perbedaan skor motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa. Karena pencapaian skor motivasi berprestasi kelompok siswa yang dikenai metode pembelajaran inkuiri terbimbing juga jauh berbeda dibandingkan skor motivasi berprestasi siswa yang dikenai metode pembelajaran ekspositori (3) ada pengaruh yang signifikan antara skor motivasi berprestasi siswa yang dikenai metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa yang dikenai metode pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 8 Malang (4) tidak ada pengaruh yang signifikan antara skor motivasi berprestasi siswa yang dikenai metode pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 8 Malang. Berdasarkan temuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Malang dengan pokok bahasan Konsumsi Investasi dan Tabungan diharapkan guru dapat menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa diharapkan guru dapat menggunakan metode inkuiri terbimbing agar pelaksanaan proses belajar mengajar dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas karena dengan penerapan metode inkuiri terbimbing terlihat tingkat motivasi berprestasi siswa yang tinggi maka diharapkan metode tersebut dapat diterapkan karena tidak ada pengaruh yang signifikan antara skor motivasi berprestasi siswa yang dikenai metode pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 8 Malang. Maka disarankan ada perubahan metode pembelajaran di kelas dengan alternatif pilihan metode inkuiri terbimbing. Implikasinya secara teoritis temuan penelitian ini memperkuat penjelasan dan pendapat bahwa penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi berprestasi siswa pada mata pelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61116

Actions (login required)

View Item View Item