Wiwik (2013) Eksplorasi dan identifikasi bakteri termofilik lokal penghasil amilase, lipase dan protoase termostabil dari sumber air panas kawah ijen sebagai sumber belajar Biologi SMA / Wiwik Hariyatik. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci eksplorasi identifikasi bakteri termofilik termostabil sumber belajar Kawah Ijen merupakan salah satu kawasan yang memiliki keanekaragamanan mikroorganisme penghasil enzim termostabil. Pengeksplorasian bakteri termofilik penghasil amilase lipase dan protease di kawah Ijen merupakan langkah untuk penyediaan enzim termostabil khas wilayah Indonesia yang dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah menengah atas. Tujuan dalam penelitian ini antara lain 1) Mengidentifikasi keragaman bakteri termofilik dari sumber air panas kawah Ijen Kabupaten Bondowoso Jawa Timur 2) Menganalisis aktivitas amilase oleh isolat bakteri termofilik dari sumber air panas kawah Ijen Kabupaten Bondowoso Jawa Timur 3) Menganalisis aktivitas lipase oleh isolat bakteri termofilik dari sumber air panas kawah Ijen Kabupaten Bondowoso Jawa Timur 4) Menganalisis aktivitas protease oleh isolat bakteri termofilik dari sumber air panas kawah Ijen Kabupaten Bondowoso Jawa Timur dan 5)Menghasilkan bahan ajar berdasarkan hasil penelitian dalam bentuk modul yang telah memenuhi kelayakan dan tervalidasi pada pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Tenggarang. Penelitian tahap pertama menggunakan penelitian eksploratiflaboratorik yaitu mengidentifikasikeragaman jenis isolat bakteri termofilik dari sumber air panas Kawah Ijen dan menganalisis aktivitas amilase lipase dan protease dalam menghidrolis substrat. Untuk mengetahui perbedaan aktivitas amilase lipase dan protease dari 3 isolat unggulsecara kuantitatif data dianalisis dengan menggunakan ANAVA (uji F) satu jalur dengan taraf signifikant 5% yang dilanjutkan dengan uji BNT 5%. Penelitian tahap kedua adalah penelitian pengembangan yaitu penyusunan modul Biologi untuk siswa SMA kelas X. Pada tahap ini diperoleh data hasil validasi ahli Mikrobiologi (94 68%) ahli Pendidikan (81 25%) dan respon keterbacaan pengguna untuk guru (94 53%) dan siswa (92 13%) berarti modul yang disusun layak dijadikan sebagai bahan ajar tambahan atau alternatif bagi siswa SMA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan 12 isolat bakteri termofilik masing-masing terdapat 3 isolat bakteri termofilik amilolitik lipolitik dan proteolitik unggul. Bakteri termofilik amilolitik unggul adalah Pseudomonas stutzeri Bacillus firmus dan Pseudomonas flurescens. Bakteri termofilik lipolitik unggul adalah Pseudomonas aeruginosa Pseudomonas flurescens dan Pseudomonas stutzeri sedangkan bakteri termofilik proteolitik unggul adalah Bacillus firmus Pseudomonas aeruginosa dan Staphylococcus aureus. Setiap isolat memiliki karakteristik makroskopis mikroskopis dan fisiologis yang berbeda satu dengan yang lain. Aktivitas amilase lipase dan protease termostabil secara kuantitatif dari ketiga isolat bakteri termofilik amilolitik lipolitik dan proteolitik unggul berbeda. Bakteri termofilik amilolitik yang potensial menghidrolisis amilum adalah Bacillus firmus dan Pseudomonas flurescens. Bakteri termofilik lipolitik yang paling potensial menghidrolisis lemak adalah Pseudomonas stutzeri sedangkan bakteri termofilik proteolitik yang paling potensial menghidrolisis protein adalah Pseudomonas aeruginosa. Hasil penelitian tentang bakteri termofilik lokal penghasil enzim amilase lipase dan protease termostabil dari sumber air panas kawah Ijen dapat digunakan sebagaisumber belajar dalam menyusun modul Biologi SMAyang layak digunakan di SMA Negeri 1 Tenggarang. Berdasarkan hasil temuan dan kesimpulan dari penelitian ini disarankan 1) Bagi siswa hendaknya termotivasi untuk belajar Biologi terutama tentang bakteri termofilik penghasil enzim termostabil sebab Kabupaten Bondowoso memiliki sumber daya alam lokal yang mendukung pengetahuan tentang bakteri termofilik penghasil enzim termostabil. Harapannya siswa menjadi generasi bangsa yang tahu akan potensi daerahnya sehingga di masa depan dapat mengolahnya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia 2) Bagi guru meningkatkan motivasi untuk melakukan pembelajaran kontekstual dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar terutama lingkungan yang berpotensi mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan pembelajaran 3) Bagi pemerintah perlu dilakukan penelitian sejenis dengan metode lain sehingga eksplorasi bakteri termofilik penghasil enzim termostabil dari sumber air panas kawah Ijen lebih maksimal sehingga enzim termostabil yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk mendukung industri enzim termostabil dan bioteknologi dan 4) Bagi peneliti lain perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan mengisolasi bakteri termofilik dari sumber air panas kawah Ijen melalui metode yang lain dan pengidentifikasian dengan menggunakan gen 16S rRNA perlu dilakukan penelitian mengenai aktivitas enzim ekstraseluler amilase lipase dan protease berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas kerja enzim perlu dilakukan tahap eksperimen lapangan terhadap sumber belajar yang telah disusun dalam proses belajar mengajar dan penelitin ini bermanfaat bagi dunia ilmu pengetahuan diantaranya sebagai upaya memperkaya konsep ilmu Mikrobiologi terutama tentang bakteri termofilik penghasil enzim termostabil lokal untuk waktu yang akan datang diharapkan dapat dipakai sebagai acuan dalam penyediaan enzim termostabil di Indoensia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60958 |
Actions (login required)
View Item |