Avia Riza Dwi (2007) Kajian serangan jamur penyebab penyakit antraknose pada pasca panen 4 kultivar buah apel (Malus domestika Borkh) / oleh Avia Riza Dwi Kurnia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Media Gulungan Situasi Peningkatan Kemampuan berbicara merupakan kemampuan yang kompleks yang menuntut sejumlah pengetahuan dan keterampilan. Dalam latihan berbicara yang sederhana secara teknis tidak dituntut harus selalu benar tetapi latihan berbicara dalam pembelajaran wajib dituntut untuk berani dan tidak takut salah. Berdasarkan beberapa penelitian strategi pembelajaran dengan menggunakan permainan dapat meningkatkan motivasi semangat dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi/ studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti salah satu faktor yang menyebabkan kurangnya latihan berbicara siswa dikarenakan metode yang digunakan oleh guru bahasa Arab adalah monoton dengan membaca terus menerus dan pembelajaran cenderung berpusat pada guru. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab siswa dengan menggunakan media gulungan situasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan dengan pertemuan pertama digunakan untuk menyampaikan materi dan melakukan drill kosa kata serta pemberian tes yang sesuai tema dengan menggunakan berbicara bahasa Arab yaitu dengan teks khiwar sesuai dengan buku LKS. Sedangkan pertemuan kedua digunakan untuk mereview materi pembelajaran pada pertemuan pertama yaitu kosa kata dan dilanjutkan dengan melakukan praktek berbicara bahasa Arab dengan menggunakan media gulungan situasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode permainan khususnya permainan dengan menggunakan media gulungan situasi dapat meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII.E MTs. Negeri Kepanjen. Indikator meningkatnya berbicara bahasa Arab siswa adalah meningkatnya nilai rata-rata siswa dan prosentase keberhasilan siswa dari satu siklus ke siklus berikutnya yakni pada siklus I kurang dengan nilai 72 dan siklus II cukup baik dengan nilai 84. Saran yang diberikan oleh peneliti untuk para guru yang akan menerapkan metode permainan adalah agar mempertimbangkan temuan penelitian ini yang antara lain berupa langkah-langkah pembelajaran dengan metode permainan yakni dengan bermain peran. Bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian sejenis dianjurkan untuk menggunakan strategi-strategi permainan yang lain agar memperkaya penerapan pembelajaran bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jan 2007 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2007 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60834 |
Actions (login required)
View Item |