Pengembangan pembelajaran biologi dengan model inkuiri terbimbing berbasis sumber belajar hutan mangrove di pesisir Kalianget untuk meningkatkan keterampilan ilmiah, sikap ilmiah dan penguasaan konsep siswa SMA Negeri 1 Kalianget / Akhmad Ferdiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran biologi dengan model inkuiri terbimbing berbasis sumber belajar hutan mangrove di pesisir Kalianget untuk meningkatkan keterampilan ilmiah, sikap ilmiah dan penguasaan konsep siswa SMA Negeri 1 Kalianget / Akhmad Ferdiansyah

Ferdiansyah, Akhmad (2017) Pengembangan pembelajaran biologi dengan model inkuiri terbimbing berbasis sumber belajar hutan mangrove di pesisir Kalianget untuk meningkatkan keterampilan ilmiah, sikap ilmiah dan penguasaan konsep siswa SMA Negeri 1 Kalianget / Akhmad Ferdiansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ferdiansyah Akhmad. 2017. Pengembangan Pembelajaran Biologi dengan Model Inkuiri Berbasis Sumber Belajar Hutan Mangrove di Pesisir Kalianget untuk Meningkatkan Keterampilan Ilmiah Sikap Ilmiah dan Penguasaan Konsep Siswa SMAN 1 Kalianget. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M.Si. (II) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. Kata kunci pengembangan pembelajaran potensi lingkungan lokal mangrove inkuiri sikap ilmiah keterampilan ilmiah penguasaan konsep Demi tercapainya tujuan Pendidikan Nasional pemerintah terus melakukan upaya perbaikan dalam sistem pendidikan nasional di ataranya dengan upaya selalu melakukan perbaikan pada Kurikulum Nasional. Penerapan Kurikulum 2013 bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif inovatif kreatif kolaboratif dan berkarakter. Beberapa prinsip utama pada Kurikulum 2013 dapat menggambarkan paradigma pembelajaran yang saat ini diterapkan diantaranya 1) pembelajaran dari siswa yang diberi tahu menjadi siswa mencari tahu 2) guru sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi pembelajaran berbasis aneka sumber belajar dan 3) pendekatan tekstual menjadi pembelajaran dengan pendekatan ilmiah. Berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan ketiga prinsip pembelajaran ini tidak dapat terealisasikan dengan maksimal disebabkan berbagai kendala yang ditemui misalkan kurangnya sarana-prasarana sekolah tidak tersedianya bahan ajar bagi siswa ataupun sumber belajar yang tidak termanfaatkan dengan maksimal. Berangkat dari permasalahan yang ditemui maka penelitian ini dikembangkan dengan tujuan di antaranya mengembangkan desain pembelajaran biologi menggunakan model inkuiri dengan memanfaatkan sumber belajar menggunakan mangrove di Pesisir Kalianget untuk meningkatkan keterampilan ilmiah sikap ilmiah dan penguasaan konsep siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalianget. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4D Define Design Develop Disseminate. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kalianget dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X-C. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif. Data utama yang dihasilkan dalam penelitian ini di antaranya data hasil pengembangan perangkat pembelajaran data hasil observasi terhadap keterampilan ilmiah dan sikap ilmiah siswa serta hasil penguasaan konsep siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian pengembangan pembelajaran meliputi 1) hasil pengembangan perangkat pembelajaran yakni sebagai berikut a) pengembangan sillabus memperoleh hasil 88 8% dengan kategori sangat baik dan perangkat dinyatakan layak untuk uji coba b) pengembangan RPP memperoleh hasil 88 1% dengan kriteria sangat baik dan layak uji coba dan c) pengembangan modul memperoleh hasil 88 8% dengan kategori sangat baik dan layak untuk uji coba. 2) pengembangan proses pembelajaran meliputi perolehan hasil implementasi perangkat yang dikembangkan terhadap aspek yang di ukur yakni a) penilaian keterampilan ilmiah siswa memperoleh hasil 86 4% dengan kategori sangat baik b) penilaian sikap ilmiah siswa memperoleh hasil 86 3% dengan kategori sangat baik dan c) penilaian penguasaan konsep siswa diketahui berdasarkan nilai N-Gain sebesar 0 46 menunjukkan terjadi peningkatan penguasaan konsep dalam kategori sedang dengan peningkatan ketuntasan klasikal dari 5 6% menjadi 61 1%. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan perangkat berbasis model inkuiri dengan memanfaatkan sumber belajar potensi lokal lahan mangrove di pesisir Kalianget efektif dalam mengoptimalkan keterampilan ilmiah sikap ilmiah dan penguasaan konsep siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi guru (khususnya guru biologi) untuk lebih memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar bagi siswa serta mengemas sumber belajar berbasis potensi lingkungan lokal sebagai sumber atau media pembelajaran yang lebih menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. ABSTRACT Ferdiansyah Akhmad. 2017. Development of Biology Learning with Inquiry Model Based on Sources of Mangrove Forest Learning in Coastal Kalianget to Improve Scientific Skills Scientific Attitude and Students Concept Knowledge of SMA Negeri 1 Kalianget. Thesis. Department of Biology Education Postgraduate Study Program of Malang University Supervisor (I) Dr. Ibrohim M.Si. (II) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. Keywords learning development local potency of mangrove inquiry scientific attitude scientific skills concept knowledge To achieve the goals of National Education the government continues to make improvements in the national education system with the effort to always make improvements to the National Curriculum. Application of Curriculum 2013 aims to produced graduates that were competitive innovative creative collaborative and character. Some of the main principles in the Curriculum 2013 can illustrated the paradigm of learning that was currently applied such as 1) learning from students who are notified to students to find out 2) the teacher as the only source of learning becomes a learning based on various sources of learning and 3) the textual approach into learning with a scientific approach. Based on the facts that occurred in the field these three principles of learning can not be realized with the maximum due to various obstacles encountered for example the lack of school infrastructure the unavailability of teaching materials for students or learning resources that are not maximally utilized. Departing from the problems encountered the research was developed with the aim of developing biological learning design using inquiry model by utilizing learning resource using mangrove in Coastal Kalianget to improve scientific skill scientific attitude and concept knowledge of X class student SMA Negeri 1 Kalianget. This study is Research and Development (R D) by using 4D development model Define Design Develop Disseminate. The research was conducted in SMA Negeri 1 Kalianget with the subject of the research is the students of X-C class. Data collection is done by observation documentation and test. Data analysis techniques using descriptive qualitative. The main data generated in this study include data from the development of learning tools observational data on scientific skills and students scientific attitudes and students mastery of concepts. The results obtained in research development of learning included 1) Learning device development outcomes are as follows a) The development of syllabus obtained the results of 88.8% with very good category and syllabus can be implemented b) RPP development obtained the results of 88.1% with very good category and can be implemented and c) The development of the module obtained the results of 88.8% with very good category and module can be implemented. 2) The development of the learning process includes the results obtained from the implementation of the device developed against the measured aspect were a) Assessment of students scientific skills gained results 86 4% with very good category b) The students scientific attitude evaluation obtained the results of 86.3% with very good category and c) Assessment of student concepts knowledge is known based on N-Gain value of 0.46 showed an increase in concept knowledge in the medium category with the increase of classical mastery from 5.6% to 61.1%. The results showed that learning using model based inquiry model by utilizing local potency of mangrove in coastal Kalianget is effective in optimizing scientific skills scientific syllabus and knowledge of student concept. Based on the results obtained in the research is expected to be a consideration for teachers (especially biology teachers) to better utilize the environment as a source of learning for students as well as packaging the potential local-based learning resources as a source or learning media more interesting to use in the learning process.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60740

Actions (login required)

View Item View Item