Prihatnawati, Yayuk (2013) Pengaruh implementasi bahan ajar modul dengan pembelajaran kooperatif STAD terhadap keterampilan proses IPA, karakter, dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem kehidupan tumbuhan di kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yayuk Prihatnawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Prihatnawati Yayuk. 2013. Pengaruh Implementasi Bahan Ajar Modul dengan Pembelajaran Kooperatif STAD terhadap Keterampilan Proses IPA Karakter dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan di Kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar MS (2) Prof. Dr. H. Yusuf Abdurrajak. Kata Kunci Modul STAD Keterampilan Proses IPA Karakter Hasil Belajar Kognitif 12288 12288 12288 SMP Laboratorium merupakan salah satu sekolah binaan Universitas Negeri Malang yang menyelenggarakan sistem pembelajaran dengan modul. Pembelajar-an menggunakan bahan ajar modul di SMP Laboratorium yang dilaksanakan seca-ra individual dan kelompok memberikan hasil belajar kognitif yang heterogen. Siswa berkemampuan tinggi cenderung mencapai ketuntasan belajar sedangkan siswa yang berkemampuan rendah cenderung belum mencapai ketuntasan belajar dan munculnya sikap individualistis. Solusi yang dapat digunakan untuk meng-atasi permasalahan tersebut adalah membelajarkan modul dengan pembelajaran kooperatif salah satunya STAD. Implementasi modul dengan pembelajaran kooperatif STAD diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Biologi yang ditunjukkan dengan keterampilan proses IPA dan karakter toleransi kerja-sama dan bersahabat (komunikatif). Peningkatan kualitas proses pembelajaran meliputi keterampilan proses dan karakter diharapkan dapat berdampak pada meningkatnya hasil belajar kognitif siswa. 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi bahan ajar modul dengan pembelajaran kooperatif STAD terhadap (1) keteram-pilan proses IPA (2) karakter serta (3) hasil belajar kognitif siswa pada materi Sistem kehidupan tumbuhan di kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Pretest Postest Non-equivalent Control Group Design. Variabel bebasnya adalah imple-mentasi bahan ajar modul dengan pembelajaran kooperatif STAD sedangkan vari-abel terikatnya adalah keterampilan proses IPA karakter dan hasil belajar kogni-tif siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Laboratori-um UM program reguler semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 138 siswa sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas VIIIB VIIIC VIIID dan VIIIE. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu (1) bahan ajar modul lengkap dengan kunci dan evaluasi modul (2) perangkat pembelajaran meliputi silabus dan RPP (3) tes uraian yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar kognitif dan keteram-pilan proses IPA (4) tes skala sikap untuk melihat perkembangan karakter serta (5) lembar observasi keterlaksanaan sintaks. Analisis data dilakukan dengan anali-sis deskriptif dan statistik inferensial. Analisis deskriptif berupa nilai rerata dan simpangan baku sedangkan statistik inferensial yang digunakan berupa analisis kovarians (Anakova) untuk variabel keterampilan proses IPA dan hasil belajar kognitif serta Analisis varians (Anava) untuk variabel karakter. Uji lanjut dilaku-kan dengan uji beda LSD (Least Significances Different). Analisis dilakukan de-ngan bantuan program SPSS versi 16 0 dengan taraf signifikansi 0 05. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi bahan ajar modul dengan pembelajaran kooperatif STAD berpengaruh signifikan terhadap keteram-pilan proses IPA karakter dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP Labo-ratorium UM. Apabila dinyatakan dengan persen rata-rata skor terkoreksi (mean) keterampilan proses IPA 10 41% lebih tinggi pada kelas yang belajar mengguna-kan modul dengan pembelajaran kooperatif STAD sedangkan untuk skor karakter 3 77% dan hasil belajar kognitif 4 2%. 12288 12288 12288 Secara umum implementasi pembelajaran modul dengan pembelajaran koo-peratif STAD dapat meningkatkan keterampilan proses IPA karakter dan hasil belajar kognitif. Pembentukan kelompok yang heterogen diharapkan dapat mem-berdayakan perbedaan kemampuan akademik dalam membentuk kelompok bela-jar siswa agar tercipta scaffolding siswa dengan kemampuan akademik tinggi ter-hadap siswa berkemampuan akademik rendah. Hasil penelitian ini dapat diguna-kan secara lebih lanjut melalui pelatihan dan sosialisasi secara tepat sebagai salah satu upaya memperbaiki kualitas proses pembelajaran dan profesionalisme guru. 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60391 |
Actions (login required)
View Item |