Rahmawati D. (2013) Pengembangan buku ajar evolusi menggunakan pendekatan molekuler dengan penerapan asesmen autentik di Jurusan Biologi Universitas Negeri Padang / Rahmawati D. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci buku ajar evolusi pendekatan molekuler asesmen autentik Keberhasilan pendidikan ditentukan oleh proses pembelajaran yang dilaksanakan. Pembelajaran harus dipersiapkan dengan baik agar memberikan hasil yang baik pula. Salah satu persiapan pembelajaran adalah menyediakan sumber belajar untuk peserta didik sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 35 ayat 1. Persiapan pembelajaran pada matakuliah Evolusi di Jurusan Biologi Universitas Negeri Padang (UNP) belum tersedia dengan baik khususnya belum tersedia bahan ajar yang memadai untuk memandu mahasiswa memahami materi pembelajaran evolusi dengan benar sehingga memunculkan berbagai permasalahan. Permasalahan tersebut meliputi kurangnya pengetahuan mahasiswa yang tepat miskonsepsi mahasiswa terhadap konsep evolusi dan mahasiswa belum terbiasa dengan instrumen penilaian yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran evolusi sehingga hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Evolusi cenderung rendah. Permasalahan tersebut diatasi melalui pengembangan buku ajar evolusi menggunakan pendekatan molekuler dengan penerapan asesmen autentik. Pendekatan molekuler digunakan untuk memandu mahasiswa memahami materi evolusi dengan benar dan penerapan asesemen autentik merupakan sarana untuk melatih mahasiswa mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar evolusi menggunakan pendekatan molekuler dengan penerapan asesmen autentik di Jurusan Biologi UNP. Prosedur pengembangan diadaptasi dari model pengembangan four-D-models yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang dibatasi pada tahap (1) define (2) design dan (3) develop sedangkan (4) disseminate tidak dilakukan. Hasil analisis skor penilaian buku ajar menunjukkan rata-rata persentase penilaian (P) oleh ahli materi sebesar 92 36% dan ahli pengembangan bahan ajar sebesar 73 21%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa buku ajar telah layak menjadi acuan dalam pembelajaran evolusi. Uji coba kelompok kecil berupa tanggapan dari mahasiswa menunjukkan rata-rata persentase 85 89%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa buku ajar telah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa. Uji kualitatif pada asesmen yang diintegrasikan dalam buku ajar menunjukkan bahwa terdapat beberapa instrumen asesmen yang perlu direvisi sesuai dengan nilai yang diperoleh mahasiswa pada posttest. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa buku ajar yang dikembangkan telah mencapai kategori baik serta telah layak untuk digunakan pada pembelajaran Evolusi di Perguruan Tinggi. Produk buku ajar yang dihasilkan dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran dengan memperhatikan komponen-komponen buku ajar baik materi inti maupun materi pelengkap. Semua aspek pelengkap yang tersedia pada buku ajar sebaiknya digunakan secara keseluruhan untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada perkuliahan Evolusi. Selain itu pengguna sebaiknya memperhatikan secara cermat deskripsi tugas aspek-aspek yang dinilai tolak ukur penilaian dan skala nilai pada rubrik penilaian agar proses penilaian lebih tepat objektif dan terbuka. Keseluruhan komponen buku ajar saling terkait dalam mendukung penyampaian informasi yang efektif sehingga hendaknya digunakan secara terintegrasi dan holistik. Buku ajar yang dihasilkan pada penelitian ini dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan konteks permasalahan yang ditemukan di Jurusan Biologi UNP namun tidak menutup kemungkinan untuk dimanfaatkan oleh banyak pihak. Penyebarluasan produk lebih lanjut dapat dilakukan dengan sosialisasi pada seminar skala regional maupun nasional tentang pengembangan buku ajar yang diintegrasikan dengan asesmen autentik naskah diterbitkan melalui suatu lembaga penerbit serta produk hasil pengembangan perlu dimuat pada fasilitas e-book atau e-learning yang dikelola oleh oleh perguruan tinggi. Saran pengembangan lebih lanjut yang dapat disampaikan antara lain (1) dapat dilaksanakan sampai pada tahap diseminasi (dissemination) (2) dapat dila-kukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan buku ajar dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran (3) perlu dikaji dan dikembangkan materi pembelajaran Evolusi menggunakan pendekatan molekuler untuk seluruh materi pada matakuliah Evolusi sesuai dengan silabus hasil revisi (4) perlu dipertimbangkan penggunaan pendekatan pembelajaran tertentu sehingga kegiatan pembelajaran dalam buku ajar menjadi lebih bervariasi (5) perlu diseimbangkan antara penilaian menggunakan pendekatan tes dan penilaian jenis lainnya dengan mengintegrasikan penilaian berdasarkan output dan outcome (6) perlu penyempurnaan buku ajar dengan mencari gambar yang sesuai dengan konteks materi dan dekat dengan kehidupan mahasiswa berdasarkan hasil pengamatan langsung oleh penulis agar lebih kontekstual serta (7) perlu ditambahkan buku petunjuk bagi dosen agar deskripsi tugas dan penilaian yang dilakukan dapat dijabarkan secara rinci.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60388 |
Actions (login required)
View Item |