Eurika, Novy (2013) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah pada materi populasi hewan / Novy Eurika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Eurika Novy. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Populasi Hewan. Tesis Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Istamar Syamsuri M.Pd. (II) Dr. Ibrohim M.Si. Kata Kunci perangkat pembelajaran populasi hewan pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember khususnya matakuliah Ekologi Hewan belum dikembangkan dengan sebuah perencanaan pembelajaran lengkap dan sesuai. Perangkat pembelajaran yang disusun belum diarahkan berdasarkan pembelajaran tertentu yang disesuaikan dengan karakteristik materi ajar dan karakteristik pebelajar sehingga belum mampu mengembangkan pengetahuan sikap dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa secara optimal. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi ajar dan karakteristik pebelajar (mahasiswa) sehingga diharapkan mampu mengukur aspek pengetahuan sikap maupun kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis masalah pada materi Populasi Hewan yang meliputi silabus Satuan Acara Perkuliahan (SAP) bahan ajar (Handout) Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) dan instrumen penilaian. Model penelitian dan pengembangan merupakan hasil adaptasi model pengembangan 4-P Thiagarajan yang terdiri dari (1) pendefinisian (2) perencanaan dan (3) pengembangan. Uji validasi ahli dilakukan oleh ahli materi sekaligus perangkat pembelajaran sedangkan uji pengembangan meliputi uji perorangan dan uji kelompok kecil yang melibatkan subyek coba mahasiswa. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis skor penilaian dari angket berskala sehingga diketahui kriteria kelayakan perangkat pembelajaran. Sedangkan saran dan masukan dari subyek coba digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap produk pengembangan. Hasil validasi ahli materi sekaligus perangkat pembelajaran secara keseluruhan menyatakan produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat sesuai. Analisis skor rata-rata hasil penilaian ahli berdasarkan kriteria tingkat kelayakan dan revisi produk menunjukkan bahwa secara keseluruhan perangkat pembelajaran yang dihasilkan memiliki kriteria sangat layak. Hasil yang sama juga diperoleh pada uji perorangan dimana analisis skor rata-rata penilaian mahasiswa terhadap LKM dan Handout menunjukkan bahwa kedua produk pengembangan tersebut sangat layak mendukung keterbacaan. Hasil analisis pada uji kelompok kecil menunjukkan bahwa skor keterlaksanaan pembelajaran termasuk pada kriteria baik. Keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditunjukkan dari ketuntasan klasikal hasil belajar mahasiswa pada aspek pengetahuan sikap dan kemampuan pemecahan masalah yang melebihi 80%. Saran pengembangan lebih lanjut (1) melaksanakan uji coba lapangan untuk mengetahui efektifitas dan pengaruh perangkat pembelajaran terhadap hasil belajar (2) memasukkan seluruh bahan kajian mata kuliah ekologi hewan pada perangkat pembelajaran yang dikembangkan (3) mempertimbangan penggunaan model pembelajaran yang lain agar kegiatan pembelajaran lebih bervariasi (4) mengembangkan instrumen penilaian terhadap proses belajar mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60378 |
Actions (login required)
View Item |