Pengembangan bahan ajar biologi berbasis kontekstual untuk SMA kelas X semester I Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) / Ifa Mawaddah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar biologi berbasis kontekstual untuk SMA kelas X semester I Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) / Ifa Mawaddah

Mawaddah, Ifa (2013) Pengembangan bahan ajar biologi berbasis kontekstual untuk SMA kelas X semester I Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) / Ifa Mawaddah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan bahan ajar pendekatan kontekstual program RSBI Biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di SMA berdasarkan Standar Isi Tahun 2006. SMA Negeri 2 Lumajang termasuk salah satu RSBI di Jawa Timur yang menerapkan KTSP sebagai kurikulum minimal dan kurikulum pengayaan diadopsi atau diadaptasi dari kurikulum Cambridge (Inggris). Dalam penyelenggaraan pendidikan mengalami beberapa kesulitan dalam menerapkan karakteristik implementasi RSBI. Salah satunya mengenai penggunaan buku ajar biologi yang belum disusun sesuai kurikulum yang diterapkan. Umumnya peserta didik masih menggunakan buku dari penerbit yang materinya disusun hanya berdasarkan KTSP padahal seharusnya materi yang dipelajari juga termasuk adopsi/adaptasi dari negara anggota OECD atau negara maju lainnya. Oleh karena itu penulis mengembangkan bahan ajar Biologi dengan menggunakan pendekatan kontekstual untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran biologi. Pengembangan model Kemp dipakai sebagai acuan dalam mengembangkan bahan ajar. Model pengembangan ini terdiri dari sepuluh langkah namun dalam pengembangan bahan ajar penulis memodifikasi dari sepuluh langkah tersebut yang meliputi (1) menetapkan mata pelajaran (2) mengidentifikasi kurikulum mata pelajaran (3) mengidentifikasi Kompetensi Dasar (4) merumuskan indikator (5) mengembangkan serta memilih materi pembelajaran (6) penilaian atau validasi bahan ajar dan (7) revisi bahan ajar dan produk akhir. Produk bahan ajar diuji validitasnya melalui beberapa tahap yakni (1) review oleh ahli isi/mata pelajaran (2) review oleh ahli bahan ajar (3) review oleh ahli bahasa (4) uji coba perorangan (5) uji coba kelompok kecil dan (6) uji coba lapangan. Subyek uji coba dari bahan ajar terdiri dari dosen guru dan siswa. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa tanggapan dan saran perbaikan dari dosen guru dan siswa. Data kuantitatif berupa hasil penilaian subjek uji coba terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan yang diperoleh dari jawaban angket yang berisi standar penilaian buku teks pelajaran dari BNSP penilaian uji perorangan dan penilaian uji kelompok kecil serta data dari hasil pretes dan postes dalam uji lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik deskriptif. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan berada pada kualifikasi baik dengan rincian ahli isi/mata pelajaran pertama didapatkan hasil 76 00% dan ahli isi/mata pelajaran kedua mencapai 88 87% yang keduanya berada pada kualifikasi baik dan sangat baik. Ahli bahan ajar didapatkan persentase tingkat pencapaian buku ajar 80 77% menunjukkan pada kategori baik dan ahli bahasa mencapai 85 03% juga berada pada kualifikasi baik. Penilaian ujicoba perorangan dilakukan oleh dua subjek ujicoba yaitu guru didapatkan pencapaian rata-rata 88 00% yang berada pada kualifikasi sangat baik. Penilaian ujicoba kelompok kecil dilakukan oleh enam subjek ujicoba didapatkan tingkat pencapaian rata-rata 84 00% yang menunjukkan kategori baik. Subjek ujicoba lapangan berjumlah 33 orang didapatkan rerata hasil penilaian mencapai 90 18% yang berada pada kualifikasi sangat baik. Didukung dari nilai pretest dan posttest pada ujicoba lapangan selanjutnya dianalisis menggunakan indeks gain yaitu mencapai 0 6. Tingkat pencapaian 0 6 setelah dikonversikan dengan indeks gain termasuk dalam kategori sedang ini menunjukkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60371

Actions (login required)

View Item View Item