Pengaruh pembelajaran POGIL berkonteks SSI terhadap kualitas keterampilan berargumentasi siswa SMA pada materi Ikatan Kimia / Anisyah Dasa Astarina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran POGIL berkonteks SSI terhadap kualitas keterampilan berargumentasi siswa SMA pada materi Ikatan Kimia / Anisyah Dasa Astarina

Astarina, Anisyah Dasa (2018) Pengaruh pembelajaran POGIL berkonteks SSI terhadap kualitas keterampilan berargumentasi siswa SMA pada materi Ikatan Kimia / Anisyah Dasa Astarina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Astarina Anisyah Dasa. 2018. Pengaruh Pembelajaran POGIL Berkonteks SSI Terhadap Kualitas Keterampilan Berargumentasi Siswa SMA pada Materi Ikatan Kimia. Tesis Jurusan Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Sri Rahayu M. Ed Ph.D (2) Dr. Yahmin S.Pd. M. Si. Kata Kunci Keterampilan berargumentasi POGIL pembelajaran berkonteks SSI Ikatan Kimia. Argumentasi termasuk salah satu keterampilan dalam literasi sains yang penting diajarkan. Keterampilan argumentasi dapat dikembangkan melalui pemecahan isu-isu sosiosaintifik yang melibatkan aspek sosial sains teknologi dan moral. Pemecahan masalah isu-isu sosiosaintifik yang berkaitan dengan materi yang dibelajarkan memungkinkan terjadinya perdebatan sehingga siswa dapat melakukan argumentasi. Argumentasi dan SSI akan efektif jika diintegrasikan dalam pembelajaran sehingga diperlukan model pembelajaran yang sesuai. Salah satu model pembelajaran berpusat pada siswa yang efektif untuk membelajarkan argumentasi adalah POGIL (Process Oriented Inquiry Learning) berkonteks SSI. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan keterampilan berargumentasi siswa yang dibelajarkan pembelajaran POGIL berkonteks SSI POGIL dan konvensional pada topik ikatan kimia serta mengetahui kualitas argumentasi siswa yang dibelajarkan POGIL Berkonteks SSI POGIL dan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian mixed method. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan postest only design. Sampel penelitian dipilih melalui teknik convenience sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan ketersediaannya dalam populasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas X salah satu SMA di Kabupaten Malang. Kemudian dari populasi tersebut dipilih tiga kelompok sampel yang masing-masing kelompok bertindak sebagai kelas eksperimen I eksperimen II dan kontrol. Siswa kelas ekperimen I diberikan pembelajaran POGIL berkonteks SSI siswa kelas eksperimen II diberikan pembelajaran POGIL dan siswa kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Data keterampilan berargumen diperoleh melalui instrumen tes keterampilan berargumen yang memiliki reliabilitas 0 784 dimana termasuk kategori reliabilitas tinggi. Data keterampilan berargumen siswa diperoleh dalam bentuk jawaban uraian yang kemudian diklasifikasikan berdasarkan komponen-komponen argumen toulmin atau Toulmin Argumentation Pattern (TAP). Komponen-komponen argumen tersebut diklasifikasikan lebih lanjut kedalam tingkat kualitas argumen dari tingkat 1 sampai tingkat 5. Uji keabsahan hasil penelitian dilakukan dengan interater reliability hal ini diperlukan karena data argumentasi siswa berbentuk uraian atau essay. Analisis data dilakukan dengan Kruskall-Wallis test karena salah satu kelompok data tidak berdistribusi normal serta uji lanjut Mann-Whitney U karena data yang digunakan merupakan data ordinal. Hasil uji Krusskal-Wallis dan uji lanjut Mann-Whitney U menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan ekperimen dengan nilai signifikasi sebesar 0 000 (sig

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60198

Actions (login required)

View Item View Item