Pengembangan bahan ajar unsur dan persenyawaan logam alkali berbasis kontekstual / Dayu Ardhiyatmita Nur Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar unsur dan persenyawaan logam alkali berbasis kontekstual / Dayu Ardhiyatmita Nur Rahmawati

Rahmawati, Dayu Ardhiyatmita Nur (2017) Pengembangan bahan ajar unsur dan persenyawaan logam alkali berbasis kontekstual / Dayu Ardhiyatmita Nur Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Dayu Ardhiyatmita Nur. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Unsur dan Persenyawaan Logam Alkali Berbasis Kontekstual. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. (II) Dr. Siti Marfuah M.S. Kata Kunci bahan ajar kimia anorganik deskriptif logam alkali kontekstual Mata kuliah Kimia Anorganik Deskriptif merupakan mata kuliah yang dianggap kurang menarik karena pebelajar merasa harus menghafal informasi-informasi faktual yang terlihat tidak berhubungan. Selain itu pebelajar juga kurang mampu menemukan relevansi dalam mempelajari kimia. Salah satu konsep pada mata kuliah Kimia Anorganik Deskriptif adalah konsep unsur dan persenyawaan logam alkali. Pembelajaran konsep unsur dan persenyawaan logam alkali membutuhkan suatu bahan ajar yang mampu membantu pebelajar aktif menghubungkan informasi-informasi faktual dan mengaitkan konsep dengan situasi dunia nyata. Bahan ajar berbasis kontekstual nampaknya mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan bahan ajar unsur dan persenyawaan logam alkali berbasis kontekstual yang layak (2) mengetahui keefektifan bahan ajar hasil pengembangan dan (3) mengetahui persepsi pebelajar terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan bahan ajar hasil pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan bahan ajar yang diadopsi dari Model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dkk pada tahun 1974 yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian perancangan pengembangan dan penyebarluasan. Pengembangan bahan ajar pada penelitian ini belum sampai pada tahap penyebarluasan. Bahan ajar hasil pengembangan divalidasi oleh dua dosen kimia di Universitas Negeri Malang. Uji coba keterbacaan dilakukan oleh tiga mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah Kimia Anorganik Deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu rancangan eksperimen semu dengan post-test only control group design. Instrumen uji efektivitas bahan ajar berupa 19 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian dengan reliabilitas soal pilihan ganda 0 775 dan soal uraian 0 684. Bahan ajar hasil pengembangan terdiri dari empat bab yaitu (1) kecenderungan sifat unsur-unsur logam alkali (2) kelimpahan dan kegunaan unsur-unsur logam alkali (3) ekstraksi unsur-unsur logam alkali dan (4) persenyawaan unsur-unsur logam alkali. Persentase kelayakan bahan ajar hasil pengembangan sebesar 96 79% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji efektivitas bahan ajar menunjukkan persentase ketuntasan belajar kelas eksperimen (83 87%) lebih besar daripada kelas kontrol (70 27%). Rata-rata nilai postes kelas eksperimen (72 81) juga lebih besar daripada kelas kontrol (60 35). Berdasarkan hasil uji t nilai signifikansi uji t adalah 0 00

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60167

Actions (login required)

View Item View Item